Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Nilai Perusahaan dengan Strategi Bersaing Sebagai Pemoderasi The Influence of Intellectual Capital On The Firm Value With Competitive Strategy As Moderating
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intellectual capital terhadap nilai perusahaan dan pengaruh strategi
bersaing dalam meningkatkan atau menurunkan hubungan intellectual capital dan nilai perusahaan. Intellectual capital
dalam penelitian ini diukur menggunakan metode VAIC™. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 perusahaan yang yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2012 – 2014 dan memiliki karateristik high-IC intensive. Ukuran sampel
diperoleh dengan menggunakan rumus Slovin. Sedangkan metode penentuan sampelnya menggunakan metode stratified
random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier. Hasil analisis menunjukkan bahwa intellectual
capital berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan strategi bersaing terbukti mampu mempengaruhi
(memperlemah) hubungan antara intellectual capital terhadap nilai perusahaan.