Motif Belanja Konsumen Wanita Di Pusat Perbelanjaan Roxy Square Jember (Women's Shopping Motives At Roxy Square Shopping Center Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif belanja konsumen wanita yang berbelanja di pusat perbelanjaan Roxy
Square Jember. Pendekatan riset yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Secara umum subjek dari
penelitian ini adalah seluruh konsumen wanita yang berbelanja di pusat perbelanjaan Roxy Square yang sudah memasuki usia
17 tahun. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Informan berjumlah 11 orang
yang terdiri dari 5 orang mahasiswa, 4 orang wanita karir, dan 2 orang ibu rumah tangga. Langkah-langkah penelitian terdiri
dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara
semi stucture. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mayoritas motif belanja konsumen wanita yang berbelanja di pusat
perbelanjaan Roxy Square adalah hedonic shopping, hal ini dibuktikan dengan 9 dari 11 informan yang diwawancarai
berbelanja dengan tujuan untuk mendapat kesenangan dari aktifitas belanja yang dilakukan. Alasan yang menyebabkan
konsumen wanita berbelanja pada pusat perbelanjaan Roxy Square antara lain: Roxy Square Jember adalah mall yang
menyediakan fasilitas belanja one stop shopping, harga lengkap (dari harga murah sampai harga yang mahal ada di Roxy),
tempat berbelanja produknya disusun dengan rapi, pelayanan yang baik, dan suasana yang menyenangkan.