DAYA SERAP PENGETAHUAN PENGRAJIN BATIK GAJAH OLING: MELESTARIKAN NILAI-NILAI “MISTIS” MASYARAKAT OSING DAN AKSELERASINYA PADA PERTUMBUHAN USAHA
Date
2016-05-09Author
Djoko Poernomo
Puji Wahono
Zarah Puspitaningtyas
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efek daya serap pengetahuan terhadap kinerja usaha melalui orientasi kewirausahaan dan inovasi produk. Populasi penelitian ialah pengrajin batik Gajah Oling di Kabupaten Banyuwangi berjumlah 154 orang. Jumlah responden 111 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Penentuan responden menggunakan teknik acak sederhana. Analisis data memakai analisis jalur. Pengolahan data menggunakan software SPSS 17. Hasil penelitian memperlihatkan (i) daya serap pengetahuan responden berpengaruh signifikan terhadap orientasi kewirausahaan dan inovasi produk, namun tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha; (ii) orientasi kewirausahaan responden berpengaruh signifikan terhadap inovasi produk dan kinerja usaha; (iii) inovasi produk responden tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha; (iv) daya serap pengetahuan responden berpengaruh tidak langsung signifikan terhadap kinerja usaha melalui orientasi kewirausahaan; (v) daya serap pengetahuan responden berpengaruh tidak langsung signifikan terhadap inovasi produk melalui orientasi kewirausahaan. Kekuatan pokok responden untuk mengembangan usahanya terletak pada jalur daya serap pengetahuan, orientasi kewirausahaan, kinerja usaha.