Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Pelayanan melalui Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada PT PLN (Persero) Area Jember
Abstract
Pelayanan publik dapat dipahami sebagai jenis pelayanan yang disediakan
untuk masyarakat, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta. Dalam
tujuan melayani masyarakat dengan baik maka kinerja pelayanan haruslah
didukung dengan adanya kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual
(SQ). Dengan EQ dan SQ yang ada pada diri seseorang maka sikap OCB yang
diharapkan dalam suatu perusahaan sangat mungkin untuk diwujudkan yang
nantinya OCB sendiri dapat meningkatkan kinerja pelayanan.
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan
Spiritual terhadap Kinerja Pelayanan melalui Organizational Citizenship Behavior
(OCB) pada PT PLN (Persero) Area Jember”. Penelitian ini adalah bertujuan
untuk menganalisis pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual
terhadap kinerja melalui OCB pada PT PLN (Persero) Area Jember. Metode
sampling yang digunakan adalah sampel jenuh atau sensus dengan jumlah
responden sebanyak 50 orang. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Jalur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh kecerdasan emosional
terhadap OCB; 2) Ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap OCB; 3) Ada
pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja pelayanan, dan; 4) Ada pengaruh
kecerdasan spiritual terhadap kinerja pelayanan; 5) Ada pengaruh OCB terhadap
kinerja pelayanan; 6) Ada pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja
pelayanan melalui OCB; 7) Ada pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kinerja
pelayanan melalui OCB.