PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN JASA PINJAMAN ULaMM (UNIT LAYANAN MODAL MIKRO) PT PNM (PERMODALAN NASIONAL MADANI) UNIT JEMBER KOTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk menguji dan membuktikan pengaruh bukti
fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati terhadap kepuasan nasabah
ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) PT PNM (Permodalan Nasional Madani)
Unit Jember Kota. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah ULaMM Unit
Jember Kota. Metode pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling
dengan jumlah responden 108 orang. Kriteria pengambilan sampel yaitu: a)
nasabah yang menggunakan jasa ULaMM minimal satu tahun; b) Berusia 21
tahun, karena pada usia tersebut seseorang layak untuk melakukan perjanjian
sesuai dengan syarat perjanjian.
Variabel yang digunakan yaitu sebanyak 5 variabel. Alat analisis yang
digunakan adalah Analisis Regresi pendekatan Konfirmatori. hasil analisis
menunjukkan bahwa: a) variabel bukti fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap
kepuasan nasabah, b) variabel kehandalan berpengaruh signifilan terhadap
kepuasan nasabah, c) variabel daya tanggap berpengaruh signifikan tterhadap
kepuasan nasabah, d) variabel jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah, dan e) variabel empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1530]