PEMANFAATAN MAGNETOHIDRODINAMIKA SEBAGAI ENERGI PENGGERAK (MAGNETIC PROPULSION) PADA KAPAL
Abstract
Magnetohidrodinamika (MHD) memanfaatkan energi yang timbul akibat
perpotongan medan magnet dengan arus listrik. Kapal Magnetohidrodinamika di
desain dengan menggunakan gaya Lorentz yaitu dengan mengirimkan arus listrik
melalui dua terminal dimana memotong medan magnet dalam air yang berisikan
garam secara langsung, lalu akan timbul gaya Lorentz yang menyebabkan kapal
dapat bergerak mengikuti gaya yang terjadi. Dalam pengaplikasiannya diperlukan
channel kapal yang befungsi sebagai tempat terjadinya perpotongan antar medan
magnet dengan arus listrik. Magnet yang digunakan magnet neodymium dengan
ukuran 9cm x 2,2cm x 1,5cm. Penelitian ini dilakukan empat kali pengujian dengan
masing-masing pengujian memiliki tegangan yang berbeda-beda yaitu 17,30V;
19,50; 22,44; 24V. Waktu tempuh terlambat saat tegangan channel sebesar 17,30V
dengan daya dorong 20,689W kecepatan sebesar 4,1667cm/s, sedangkan waktu
tempuh tercepat saat tegangan channel sebesar 24V dan memiliki daya dorong
sebesar 170,946W kecepatan sebesar 7,8947cm/s.