PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LABORATORIUM SAINS VIRTUAL BERBASIS WEBSITE (LABSITE) DI SMA
Abstract
Fisika merupakan salah satu kajian bidang ilmu yang meliputi sikap, proses,
produk, dan aplikasi. (Kemendikbud, 2013:1). Praktikum dapat digunakan untuk
menunjukkan peristiwa yang melibatkan keempat unsur tersebut. Akan tertapi,
sering terjadi kendala seperti alat yang tidak memadai, keterbatasan waktu,
keterbatasan dana, dan konsep fisika yang tidak semuanya dapat dipraktikumkan
di sekolah. Akibatnya banyak siswa yang memiliki kinerja praktikum yang
tergolong rendah, hal ini berpengaruh pula terhadap hasil belajar fisika siswa.
Alternatif baru yang ada adalah dibuatnya berbagai macam pendekatan
instruksional dalam bentuk program pengajaran berbantuan komputer. Kendati
demikian, perkembangan teknologi pembelajaran di indonesia hingga saat ini
dikatakan belum optimal (Warsita, 2008:19). Mengacu pada kondisi ini, penelitian
yang dilakukan adalah penelitian pengembangan media pembelajaran
laboratorium sains virtual berbasis website (LABSITE) yang diimplementasikan
pada pokok bahasan teori kinetik gas di SMA. LABSITE adalah media
pembelajaran yang mensimulasikan praktikum dengan memanfaatkan website
sebagai dasar pengelola program yang diakses secara offline.
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah: pertama, untuk menghasilkan
media LABSITE yang valid. Kedua, untuk mendeskripsikan kinerja praktikum
siswa setelah pembelajaran menggunakan media LABSITE. Ketiga, untuk
mendeskripsikan hasil belajar fisika siswa setelah pembelajaran menggunakan
media LABSITE.