• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORTDENGAN TEKNIK MIND MAPPINGTERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X MAN 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Mustika Setianingrum.pdf (298.4Kb)
    Date
    2012
    Author
    Mustika Setianingrum, Mustika
    Slamet Hariyadi, Slamet
    Jekti Prihatin, Jekti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran aktif card sortmerupakan kegiatan pembelajaran dengan cara memilih kartu sesuai kategori. Model pembelajaran ini dapat digunakan untuk mengajarkan konsep, karakteristik, klasifikasi, fakta, tentang obyek atau mereview informasi. Model pembelajaran aktif card sort belum memberikan gambaran yang nyata mengenai semua materi yang dipelajari sehingga perlu dipadukan dengan teknik mind mapping. Teknik mind mapping memberikan kemudahan untuk mengidentifikasi secara jelas dan kreatif materi yang dipelajari.. Metode penelitian pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran aktif card sort dengan teknik mind mapping. Aktivitas siswa dianalisis menggunakan uji t (independent sample t test). Hasil belajar kognitif dianalisis menggunakan Anakova dan uji t (independent sample t test). Hasil belajar afektif dianalisis menggunakan menggunakan uji t (independent sample t test). Secara klasikal, hasil aktivitas siswa dalam setiap aspek adalah: memperhatikan gurusebesar 87,65%; diskusi di kelas sebesar 77,78%; mengerjakan tugassebesar 82,41%; menyampaikan pendapatsebesar 68,21%; dan menanggapi pendapat siswa lain sebesar 64,20%. Hasil uji t menunjukkan aktivitas siswa sangat signifikan karena probabilitas (P) <0,01. Secara klasikal, perbedaan rata-rata pre-test dan post-test kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 11,1 daripada kelas kontrol sebesar 9,8. Data hasil kognitif (pre-test, post-test dan nilai tugas) dianalisismenggunakan Anakova dan uji t menunjukkan bahwa hasil yang diperoleh signifikan karena probabilitas (P) <0,05. Hasil belajar siswa juga dapat dilihat dalam ranah afektif. Hasil uji t menunjukkan hasil yang signifikan karena probabilitas (P) <0,05
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73323
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository