PELAKSANAAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN BERBASIS LESSON STUDY PADA PERKULIAHAN METODOLOGI PENELITIAN SEBAGAI SARANA PENINGKATAN PROFESIONALITAS DOSEN PEMULA
View/ Open
Date
2016-02-03Author
Wahono, Bevo
Perdana, Erik
Faisal
Abbasyakirin
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimanakah keterlaksanaan PPL berbasis LS
pada mahasiswa strata dua sebagai sarana peningkatan profesionalitas dosen pemula.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif berbasis Lesson Study. Jenis data dalam
penelitian ini adalah kualitatif yaitu sebagai berikut: 1) Deskripsi keterlaksanaan Lesson
Study. 2) Deskripsi pembelajaran dalam kegiatan Lesson Study dan 3) Lembar hasil
wawancara. Setelah dilakukan analisis data, ada 7 (tujuh) hal yang diperoleh oleh dosen
model dalam pelaksanaan lesson study ini dalam hal kaitannya dengan pengembangan
profesionalisme, yaitu (1) memikirkan dengan cermat mengenai tujuan pembelajaran,
materi pokok, dan bidang studi, (2) mengkaji dan mengembangkan pembelajaran yang
terbaik yang dapat dikembangkan, (3) memperdalam pengetahuan mengenai materi
pokok yang diajarkan, (4) merancang pembelajaran secara kolaboratif, (5) mengkaji
secara cermat cara dan proses belajar serta tingkah laku mahasiswa, (6)
mengembangkan pengetahuan pedagogis yang kuat penuh daya, dan (7) melihat hasil
pembelajaran sendiri melalui mata mahasiswa dan kolega. Berdasarkan hasil penelitian
ini, peneliti menyarankan agar praktik pengalaman lapangan selalu dilakukan berbasis
lesson study. Hal ini sangat berguna terutama bagi dosen-dosen pemula yang jam
terbangya belum terlalu banyak, sehingga profesionalitasnya semakin meningkat.
Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk dilaksanakan di tingkat strata satu yang
juga mempersiapkan calon guru.
Collections
- LSP-Conference Proceeding [1874]