• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERNUANSA CLT (COGNITIVE LOADTHEORY) POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS X SMK

    Thumbnail
    View/Open
    EKA SEPTIANA P.S cover 123.pdf (1.346Mb)
    Date
    2016-02-02
    Author
    SEPTIANA P.S, EKA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasilTrends in Mathematics and Science Study (TIMSS) tahun 2011 untuk bidang matematika menunjukkan bahwa kemampuan matematika siswa Indonesia secara umum masih sangat rendah.Menurut Dosen Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM), Sudjiono (2014) terdapat dua faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi matematika siswa Indonesia yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal yang dijelaskan oleh Sudjiono yaitu karena guru di Asia yang selama ini dinilai kurang efektif dalam memilih strategi pembelajaran matematika.Strategi pembelajaran ini dapat berupa metode yang digunakan dalam pembelajaran maupun perangkat pembelajaran yang perlu dipersiapkan sebelum pembelajaran berlangsung. CLT (Cognitive Load Theory) merupakan teori yang mencoba menjelaskan proses pemrolehan pengetahuan. Terdapat tiga prinsip beban kognitif dalam memori kerja siswa yaitu Beban Kognitif Intrinsik (Intrinsic Cognitive Load), Beban Kognitif Ekstrinsik (Extrinsic Cognitive Load), dan Beban Kognitif Konstruktif (Germane Cognitive Load). Jika memperhatikan ketiga beban ini, untuk dapat mencapai pembelajaran yang efektif harus dapat mengelola beban kognitif intrinsik, mengurangi beban kognitif ekstrinsik dan meningkatkan beban kognitif konstruktif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan mengembangkat perangkat pembelajaran matematika bernuansa CLT yang berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS).Tempat uji coba penelitian ini adalah SMK Negeri 5 Jember pada kelas X TPB 2 (Jurusan Teknik Perkebunan) tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 36 siswa. Berdasarkan proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika bernuasa CLT (Cognitive Load Theory), maka dapa disimpulkan: a. Proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika bernuansa CLT (Cognitive Load Theory) pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) menggunakan model pengembangan perangkat yaitu model Plomp. Proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berdasarkan model Plomp terdiri atas lima fase yaitu (1) fase investigasi awal; (2) fase desain; (3) fase realisasi (konstruksi), dalam fase ini dihasilkan perangkat pembelajaran pada protoipe1 sebagai bentuk realisasi dari desain awal yang telah dibuat pada fase desain; (4) fase tes, evaluasi, dan revisi; (5) fase implementasi. b. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika bernuansa CLT (Cognitive Load Theory) memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil pengembangan sebagai berikut, 1) Uji kevalidan untuk RPP adalah 0.93 dengan kategori sangat valid dan hasil untuk LKS adalah 0.94 dengan kategori sangat valid. 2) Uji kepraktisan dari analisis aktivitas guru selama pembelajaran. Presentasi aktivitas guru pada pertemua pertama dan pertemuan kedua berturut-turut adalah 88.89% dan 96.29% dengan interpretasi baik dan sangat baik. 3) Uji keefektifan yaitu dari analisis aktivitas siswa, Tes Hasil Belajar (THB), dan analisis angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriterian keefektifan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/73155
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository