EFISIENSI DAN BAURAN PEMASARAN USAHATANI KACANG TANAH DI DESA DARUNGAN KECAMATAN TANGGUL KABUPATEN JEMBER
Abstract
Desa Darungan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember merupakan desa
penghasil kacang tanah tertinggi di Kabupaten Jember. Desa Darungan memiliki
hasil produksi yang sangat baik sehingga bisa diserap oleh pasar dengan baik.
Penelitian mengenai efisiensi pemasaran dan bauran pemasaran usahatani kacang
tanah di Desa Darungan perlu dilakukan, mengingat petani kacang tanah di Desa
Darungan yang sebelumnya pernah bermitra dengan PT. Dua Kelinci pada tahun
2008 namun pada tahun 2010 hubungan kemitraan tersebut sudah tidak berjalan
lagi karena petani merasa terbebani dengan adanya pengolahan (penjemuran)
pasca panen sebelum disetorkan ke PT. Dua Kelinci. Hubungan kemitraan yang
telah berakhir menyebabkan petani kacang tanah tidak bisa memasarkan hasil
panennya langsung ke konsumen akhir. Petani membutuhkan peran lembaga
pemasaran seperti tengkulak dan pedagang besar untuk menyampaikan produk
yang dihasilkan agar bisa sampai ke konsumen akhir.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) saluran-saluran pemasaran
kacang tanah yang berada di Desa Darungan; (2) mengetahui efisiensi saluran
pemasaran kacang tanah di Desa Darungan; (3) mengetahui bauran pemasaran
usahatani kacang tanah di Desa Darungan. Untuk menentukan daerah peneilitian
menggunakan Purposive method. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode
deskriptif dan analitis. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini dilakukan
dengan metode Porposive Sampling, Proporsionate Random Sampling dan
Snowball Sampling. Porposive Sampling digunakan untuk pengambilan sempel
kelompok tani yaitu tiga kelompok tani, dan Proporsionate Random Sampling
digunakan untuk menentukan jumlah responden. Snowball Sampling digunakan
untuk menentukan lembaga pemasaran. Analisis yang digunakan yaitu analisis
Margin dan Efisiensi Pemasaran serta Bauran Pemasaran (4P). Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa (1) saluran
pemasaran kacang tanah di Desa Darungan terdapat empat macam saluran
pemasaran, yaitu saluran pemasaran satu tingkat agroindustri besar (Petani →
Pedagang Besar → Agroindustri besar), saluran pemasaran satu tingkat
agroindustri kecil (Petani → Pedagang Besar → Agroindustri Kecil), saluran
pemasaran dua tingkat agroindustri besar (Petani → Tengkulak → Pedagang
Besar → Agroindustri Besar) dan saluran pemasaran dua tingkat agroindustri
kecil (Petani → Tengkulak → Pedagang Besar → Agroindustri Kecil);
(2) Saluran pemasaran yang paling efisien yaitu saluran pemasaran satu tingkat ke
agroindustri kecil (lokal); (3) Bauran “Produk” kacang tanah yang diusahakan
petani berjenis kancil dan kacang lokal dengan keunggulan renyah, rendah
kolesterol dan rasanya khas. Bauran “Tempat” penjualan kacang tanah petani
berada di lingkup desa. Bauran “Harga” kacang tanah petani yang menentukan
adalah tengkulak dan pedagang besar. Bauran “Promosi” yang dilakukan adalah
(personal selling).
Collections
- UT-Faculty of Agriculture [4245]