KEANEKARAGAMAN CAPUNG (ORDO ODONATA) DI KAWASAN PTP NUSANTARAX KECAMATAN AJUNG KABUPATEN JEMBER
Abstract
Secara konseptual, keterampilan proses dasar pembelajaran biologi adalah kerja siswa dalam memahami konsep belajar
biologi melalui proses observasi objek nyata, mendeskripsikan hubungan antar variabel, memperoleh dan memproses
data, menganalisis penyelidikan dan melakukan eksperimen. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru untuk
meningkatkan kualitas proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar.
Keanekaragaman Capung (Ordo Odonata) di Kawasan PTP Nusantara X Kecamatan Ajung Kabupaten Jember bisa
menjadi salah satu alternatif sumber belajar. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui keanekaragaman capung
di kawasan PTP Nusantara X Kecamatan Ajung Kabupaten Jember, dan pemanfaatannya dalam pembuatan buku
panduan lapang capung. Sampel capung diambil dengan menggunakan metode cluster random sampling dan
keanekaragamannya dianalisis dengan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Capung yang ditemukan terdiri dari 5
famili yang meliputi 14 spesies. Hasil penelitian digunakan sebagai buku panduan lapang. Dalam proses pembelajaran,
guru bisa menggunakan buku referensi, yaitu buku panduan lapang. Buku panduan lapang berisi gambar spesies,
deskripsi, dan glosarium yang memudahkan pembaca dalam pemahaman istilah asing. Dari hasil uji produk, buku
panduan lapang yang disusun direkomendasikan sebagai salah satu buku referensi yang dapat digunakan sebagai
sumber belajar di sekolah.