MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE SUKU KATA PADA SISWA KELAS 1 SDN RAMBIPUJI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Membaca permulaan adalah membaca yang dilaksanakan di kelas I dan II,
dimulai dengan mengenalkan huruf-huruf dan lambang-lambang tulisan yang
menitik beratkan pada aspek ketepatan menyuarakan tulisan, lafal dan intonasi
yang wajar, kelancaran dan kejelasan suara. Berdasarkan hasil pengamatan
pembelajaran membaca permulaan kelas 1 di SDN Rambipuji 03 tahun pelajaran
2012-2013, kemampuan membaca siswa sangat rendah. Siswa mengalami
kesulitan dalam merangkai huruf menjadi kata serta dalam melafalkan konsonan
dan vokal. Rendahnya kemampuan siswa dalam membaca tersebut disebabkan
oleh sikap pasif siswa yaitu minat baca siswa masih rendah karena tidak adanya
motivasi intrinsik dalam belajar membaca dan kurang sesuainya metode yang
diterapkan guru dengan kondisi siswa dalam pembelajaran. Metode suku kata
dipilih karena memiliki keunggulan yaitu 1) tidak menimbulkan kebingungan
pada anak; 2) menghindari kesulitan membunyikan konsonan tanpa vokal; 3)
metode suku kata cukup praktis dalam mengajarkannya.
Berdasarkan hasil observasi dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu
bagaimanakah penerapan metode suku kata yang dapat meningkatkan kemampuan
membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03 Jember tahun
pelajaran 2012-2013? dan bagaimanakah kemampuan siswa kelas 1 SDN
Rambipuji 03 Jember tahun pelajaran 2012-2013 sebelum dan sesudah
menggunakan metode suku kata? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini
untuk mendeskripsikan penerapan metode suku kata yang dapat meningkatkan
kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03 Jember
tahun pelajaran 2012-2013 serta untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar
siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03 tahun pelajaran 2012-2013 sebelum dan sesudah
menggunakan metode suku kata.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilakukan di SDN Rambipuji 03 Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.
Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas I SDN Rambipuji 03 yang berjumlah
36 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat diambil beberapa
kesimpulan ”Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode
Suku Kata pada Siswa Kelas I SDN Rambipuji 03 Tahun Pelajaran 2012/2013”
berjalan dengan baik. Siswa mengamati benda, menyebutkan nama bendanya,
menyusun suku kata menjadi sebuah kata dari nama benda tersebut. Kemampuan
membaca permulaan siswa kelas 1 SDN Rambipuji 03 Jember setelah
menggunakan metode suku kata mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut
dapat dilihat dari perbandingan nilai siswa pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2.
Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 59,58. Setelah menggunakan metode suku
kata pada siklus 1, ada peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 62,08 dan siswa
yang mencapai nilai ketuntasan belajar yaitu 36 siswa atau 50%. Pada siklus 2
nilai rata-rata siswa naik menjadi 84,16 dan jumlah siswa yang mencapai
ketuntasan belajar sebanyak 31 siswa atau 86,11%.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan metode suku kata sangat
baik dan efektif yang terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas
1 SDN Rambipuji 03, dengan demikian maka disarankan agar dalam
melaksanakan pembelajaran di sekolah, metode suku kata dapat dijadikan sebagai
alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan dan hasil belajar khususnya
pada pembelajaran membaca permulaan mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas
1 SD.