Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Rawon Nguling Probolinggo
Abstract
Perusahaan perlu menjaga kepuasan konsumen yang merupakan tujuan
utama usaha pemasar sehingga arah dan kebijakan lembaga serta strategi yang
dikembangkan selalu mempertimbangkan faktor konsumen. Oleh karena itu,
pemasar harus senantiasa mampu menciptakan kepuasan konsumen dalam upaya
menjaga kelangsungan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan konsumen rumah makan Rawon
Nguling Probolinggo secara simultan dan parsial.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksplanatory. Populasi penelitian
ini adalah konsumen rumah makan Rawon Nguling di Kecamatan Ngulimg
Kabupaten Probolinggo. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 105
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas
dan regresi logistik.
Bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, tempat, orang,
proses dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan konsumen
pada rumah makan Rawon Nguling . Hal ini ditunjukkan dengan nilai LR test
sebesar 0,000. Variabel produk
0,025. Nilai ini kurang dari
x
variabel tempat rumah makan Rawon Nguling tidak berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan konsumen.Variabel orang memiliki tingkat signifikansi
sebesar 0,515. Nilai ini lebih dari
konsumen.Variabel proses memiliki tingkat signifikansi
signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa variabel produk dan harga yang
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen sedangkan tempat, orang,
proses dan bukti fisik tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.