• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS MASALAH MODEL POLYA PADA KELAS XI IPS 1 SMAN 1 LECES TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI HOLIS_Part1.pdf (557.4Kb)
    Date
    2016-01-20
    Author
    Holis, Abdul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran yang tepat akan menentukan tercapainya kompetensi dasar sesuai dengan tuntutan kurikulum. Peneliti melakukan pengamatan terhadap Peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN I Leces pada saat pembelajaran sedang berlangsung. Peserta didik cenderung pasif bahkan ada yang berbicara sendiri dengan teman sebangku dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Hal ini disebabkan dalam memberikan materi pelajaran pendidik hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan kepada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Masalah model Polya dapat Meningkatkan Aktivitas Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMAN I Leces tahun ajaran 2013-2014. (2) Apakah penerapan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya dapat meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN I Leces tahun ajaran 2013-2014. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN I Leces tahun pelajaran 2013-2014 dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar sejarah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN I Leces Tahun pelajaran 2013-2014 dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI I IPS I SMAN I Leces, dengan jumlah 38 orang peserta didik. Desain dari penelitian ini adalah model penelitian Kemmis dan Taggart yang berbentuk spiral dengan 4 tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Untuk memperoleh data dalam penelitian digunakan metode observasi, wawancara tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu menunjukan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar ada peningkatan. Pada siklus I besarnya persentase Aktivitas belajar peserta didik secara klasikal mengalami peningkatan dengan besarnya persentase aktivitas belajar peserta didik dari pembelajaran I dan II masing-masing 66,25% dan 74,375% meningkat sebesar 8,125% dan termasuk dalam kategori Cukup aktif dengan jumlah peserta didik pada pembelajaran 1 dan II masing-masing sebesar 27 peserta didik dengan nilai ≤ 75 dan 18 peserta didik dengan nilai ≤ 75. Pada siklus II besarnya persentase aktivitas peserta didik secara klasikal meningkat masing-masing 78,125% dan 80,625% meningkat menjadi 2.5 % dan termasuk dalam kategori aktif. Dengan demikian aktivitas belajar peserta didik secara keseluruhan pada siklus I dan II dapat dinyatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum diadakan suatu tindakan. Persentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Pada siklus I besarnya persentase hasil belajar peserta didik 76% dan pada siklus II mencapai 80% naik 4%. Kesimpulan hasil penelitian : (1) terdapat peningkatan aktivitas belajar penerapan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN I Leces. (2) terdapat peningkatan hasil belajar Penerapan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMAN I Leces yaitu pada siklus 1 dan II. Setelah melakukan penelitian persiklus serta melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar sejarah dengan menggunakan pembelajaran Kontekstual berbasis masalah model Polya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71783
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository