Analisis Variabel - Variabel Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada PT. Stria KTm Motor Jember
Abstract
Ana Priyantiningsih, ~TJ:M:01 - 1560 E, mahasiswa jurusan Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Jember, judul skripsi "Analisis Variabel -Variabel
Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Pada PT. Satria KTM Motor Jember"
berkaitan dengan biaya - biaya promosi yang telah dikeluarkan oleh perusahaan
ini maka tujuan penelitian: untuk mengetahui pengaruh variabel - variabel harga
jual, biaya promosi dan gaji salesman terhadap volume penjualan secara bersama
- sarna maupun secara parsial dan untuk mengetahui variabel mana yang paling
berpengaruh (dominan) terhadap vol ume penj ualan, penelitian ini bertempat di
Jember.
Penelitian ini menggunakan data volume penjualan harga jual, biaya
promosi dan gaji salesman, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan studi literatur, wawancara dan observasi, sedangkan metode
analisis data yang digunakan adalah metode analisi regresi linier berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara bersama variabel harga
jual, biaya promosi dan gaji salesman berpengaruh besar terhadap volume
penjualan 94,4%, sedangkan secara parsial biaya promosi memberikan pengaruh
yang sangat besar 55,4% terhadap volume penjualan. Adapun kedua vari abe 1
lainnya yang diteliti memberikan pengaruh yang sedang terhadap volume
penjualan.
Volume penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama ketiga
variabel yang diteliti memberikan pengaruh yang sangat besar dan nyata terbadap
volume penjualan sedangkan secara parsial dapat diketahui bahwa biaya promosi
merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap volume penjualan Maka
dapat diberikan saran kepada perushaan PT. Satria KTM Motor Jember agar bisa
mencapai volume penjualan yang sebesar - besamya hendaknya diikuti oleh
kegiatan promosi, jika ada keseimbangan antara harga jual yang semakin tinggi
dengan promosi yang lebih alctif, dengan harapan penjualan sepeda motor Power
K di PT. Satria KTM Motor Jernber akan semakin meningkat.