• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PERMAINAN TEBAK KATA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN WILAYAH DAN PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA DI SDN KARANGREJO 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Elinda Prastyani - 110210204080_Part1.pdf (484.4Kb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    Prastyani, Elinda
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada proses pembelajaran sering kali guru mendapatkan kendala jadi diharapkan guru untuk menggunakan metode-metode pembelajaran yang lebih bervariasi, sehingga siswa merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran hendaknya dipilih sesuai dengan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Pada kenyataannya, motivasi belajar siswa kelas V SDN Karangrejo 03 Jember masih belum maksimal. Hal tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan metode yang dapat membangkitkan minat siswa selama pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan Metode Permainan Tebak Kata berbantuan Media Gambar. Rumusan masalah dalam penelitian ini “bagaimanakah penerapan metode permainan tebak kata berbantuan media gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS melalui penerapan metode permainan tebak kata berbantuan media gambar pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember semester ganjil tahun pelajran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 03 Jember dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pembelajaran IPS melalui Penerapan metode permainan tebak kata berbantuan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember terlaksana sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui penerapan Metode Permainan Tebak Kata Berbantuan Media Gambar mengalami peningkatan. Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh observer, motivasi siswa pra siklus sebesar 48,1% meningkat pada siklus I sebesar 57,65% meningkat lagi menjadi 68,45% pada siklus II. Artinya motivasi siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,55%, sedangkan dari silus I ke siklus II meningkat sebesar 10,8%.Rata-rata hasil belajar siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus sebesar 56,5 meningkat menjadi 71,8pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 78 pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Metode Permainan Tebak Kata Berbantuan Media Gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu hendaknya pembelajaran dengan menggunakan Metode Permainan Tebak Kata Berbantuan Media Gambar dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkatsertahasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya bagi peneliti lain.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71351
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository