PENERAPAN METODE PERMAINAN TEBAK KATA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KENAMPAKAN WILAYAH DAN PEMBAGIAN WAKTU DI INDONESIA DI SDN KARANGREJO 03 JEMBER
Abstract
Pada proses pembelajaran sering kali guru mendapatkan kendala jadi
diharapkan guru untuk menggunakan metode-metode pembelajaran yang lebih
bervariasi, sehingga siswa merasa tertarik dan antusias dalam mengikuti proses
pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran hendaknya dipilih sesuai dengan minat
belajar siswa, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Pada kenyataannya,
motivasi belajar siswa kelas V SDN Karangrejo 03 Jember masih belum maksimal.
Hal tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan metode yang dapat
membangkitkan minat siswa selama pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran
yang sesuai untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menggunakan
Metode Permainan Tebak Kata berbantuan Media Gambar. Rumusan masalah dalam
penelitian ini “bagaimanakah penerapan metode permainan tebak kata berbantuan
media gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V mata
pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di
Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016?”
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
kelas V mata pelajaran IPS melalui penerapan metode permainan tebak kata
berbantuan media gambar pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu
di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember semester ganjil tahun pelajran 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Karangrejo 03 Jember dengan subjek
penelitian seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa
laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan rancangan penelitian menurut Arikunto yang terdiri
dari 4 fase meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode
yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, tes, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing
siklus terdiri atas dua pertemuan.
Pembelajaran IPS melalui Penerapan metode permainan tebak kata
berbantuan media gambar untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas
V mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian waktu di
Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember terlaksana sesuai dengan rencana yang telah
dirancang. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa motivasi dan hasil
belajar siswa selama pembelajaran IPS melalui penerapan Metode Permainan Tebak
Kata Berbantuan Media Gambar mengalami peningkatan. Berdasarkan observasi
yang dilakukan oleh observer, motivasi siswa pra siklus sebesar 48,1% meningkat
pada siklus I sebesar 57,65% meningkat lagi menjadi 68,45% pada siklus II. Artinya
motivasi siswa dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,55%,
sedangkan dari silus I ke siklus II meningkat sebesar 10,8%.Rata-rata hasil belajar
siswa secara klasikal sebelum pelaksanaan siklus sebesar 56,5 meningkat menjadi
71,8pada siklus I. Rata-rata hasil belajar tersebut semakin meningkat lagi menjadi 78
pada siklus II.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Metode Permainan Tebak Kata
Berbantuan Media Gambar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa
kelas V mata pelajaran IPS pokok bahasan kenampakan wilayah dan pembagian
waktu di Indonesia di SDN Karangrejo 03 Jember. Saran dalam penelitian ini yaitu
hendaknya pembelajaran dengan menggunakan Metode Permainan Tebak Kata
Berbantuan Media Gambar dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru untuk
diterapkan dalam pembelajaran di kelas agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin
meningkatsertahasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk melakukan
penelitian selanjutnya bagi peneliti lain.