• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DISERTAI METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA (STUDI PADA KELAS X MIA SMAN ARJASA JEMBER)

    Thumbnail
    View/Open
    Eli Dwi Susanti - 110210102002_Part1.pdf (889.9Kb)
    Date
    2016-01-13
    Author
    Susanti, Eli Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang mempelajari gejala-gejala dan kejadian alam melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah (Trianto, 2010:137). Fisika adalah bidang ilmu yang banyak membahas tentang alam dan gejalanya, dari yang bersifat riil hingga yang bersifat abstrak atau bahkan hanya berbentuk teori yang pembahasannya melibatkan kemampuan imajinasi atau keterlibatan gambaran mental yang kuat (Sutarto, 2008). Bektiarso (2000:12) mengemukakan bahwa Fisika merupakan mata pelajaran yang tidak hanya berisi teori dan rumus untuk dihafal, tetapi fisika memerlukan pengertian dan pemahaman konsep yang dititik beratkan pada proses terbentuknya pengetahuan melalui suatu penemuan, penyajian data secara matematis dan berdasarkan aturanaturan tertentu. Dalam proses pembelajaran siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan mereka sendiri dengan cara berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Menurut Sari (2012), Fisika merupakan pelajaran yang sulit dan kurang diminati siswa. Pembelajaran fisika sampai saat ini masih diajarkan melalui pembelajaran yang bersumber dari buku atau secara teoritik. Siswa dituntut untuk memahami konsep-konsep yang ada dan mampu menggunakan rumus-rumus fisika. Siswa juga sering merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran yang cenderung monoton dan cenderung menggunakan ceramah. Pembelajaran lebih bersifat teachercentered yaitu guru hanya menyampaikan fisika sebagai produk dan siswa hanya menghafal informasi faktual. Oleh karena itu siswa hanya cenderung menghafal rumus-rumus saja tanpa memahami konsep fisika itu sendiri. Hal ini diperkuat dengan hasil wawancara yang telah dilakukan kepada 6 siswa SMA di Kabupaten Jember. Hasil dari wawancara tersebut menyebutkan bahwa, guru mata pelajaran fisika pada saat proses pembelajaran berlangsung lebih sering memberikan rumusrumus fisika dalam bentuk jadi dan tidak memberikan penjelasan proses untuk mendapatkan rumus tersebut. Selain rumus, beberapa siswa juga mengatakan bahwa dalam pembelajaran guru lebih dominan menerangkan dengan metode ceramah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/71348
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository