PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN ROWOTAMTU 02 RAMBIPUJI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Abstract
Berbicara merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus
dikuasai dengan baik oleh setiap orang. Namun, keterampilan berbicara siswa kelas V
SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember masih rendah. Faktor rendahnya keterampilan
berbicara siswa dikarenakan kurangnya kesempatan yang diberikan guru kepada
siswa untuk berlatih berbicara atau mengungkapkan pendapatnya sehingga siswa
kurang percaya diri dan tidak terampil berbicara, maka untuk mengatasi masalah
tersebut diperlukan model pembelajaran yang membuat siswa tertarik untuk belajar
dan berlatih berbicara. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model
pembelajaran kooperatif tipe time token, karena model ini bertujuan untuk
memeratakan kesempatan kepada setiap siswa untuk berbicara menggunakan kupon
berbicara yang berdurasi waktu antara 10 detik sampai 1 menit.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe time token yang dapat meningkatkan
keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember Tahun
Pelajaran 2012-2013?, dan 2) bagaimanakah peningkatan keterampilan berbicara
siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2012-213
setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token?. Tujuan penelitian
ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
time token yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN
Rowotamtu 02 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2012-2013, dan 2) untuk
meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji
Jember setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe time token.
Penelitian ini dilakukan di SDN Rowotamtu 02 Kecamatan Rambipuji
Kabupaten Jember, diikuti oleh semua siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji
Jember yang terdiri atas 25 siswa. Rancangan dalam penelitian ini adalah rancangan
penelitian tindakan kelas. Variabel dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran
kooperatif tipe time token dan keterampilan berbicara. Data diperoleh dari siswa dan
guru kelas V SDN Rowotamtu 02 Rambipuji Jember. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe time token yang dapat meningkatkan
keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Rowotamtu 02 dilakukan dengan tes
unjuk kerja berbicara menanggapi persoalan faktual yang terdapat pada gambar
dengan bantuan kupon berbicara yang berdurasi waktu 30 detik. Persentase
ketuntasan keterampilan berbicara pada prasiklus sebesar 48%, pada siklus I sebesar
64%, pada siklus II sebesar 84%. Jadi, ketuntasan keterampilan berbicara meningkat
sebesar 36%.
Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian adalah: 1) bagi guru kelas, dalam
mengajarkan bahasa Indonesia aspek keterampilan berbicara hendaknya menerapkan
model pembelajaran kooperatif tipe time token atau model pembelajaran yang lainnya
yang dapat meningkatkan semangat siswa dalam berbicara, dan 2) bagi peneliti,
diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian
sejenis, terutama dalam ruang lingkup yang lebih luas, 3) bagi sekolah, diharapkan
dapat menyempurnakan model pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu
pendidikan, dan 4) bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengadopsi model
pembelajaran kooperatif tipe time token ini pada pembelajaran yang berbeda ataupun
pada jenjang pendidikan yang lain sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan guru
dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.