PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE PQRST ( PADA SISWA KELAS V SDN MOJOSARI 03 PUGER JEMBER TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Membaca menjadi salah satu kebutuhan yang sangat pokok dan tanpa
membaca seseorang dapat melewatkan sesuatu yang penting dalam hidupnya.
Mengingat begitu pentingnya peran membaca maka kemampuan membaca mutlak
dikuasai oleh setiap individu. Masalah selanjutnya adalah banyak murid sekolah
yang kesulitan dalam memahami bacaan terutama murid sekolah dasar. Tanpa
sanggup membaca, siswa akan kesulitan untuk belajar dan hal itu dapat
mempengaruhi kehidupannya di masa depan. Oleh karena itu, diadakan observasi
di salah satu sekolah dasar yaitu di SDN Mojosari 03 Puger untuk mengetahui
keterampilan membaca siswanya. Berdasarkan observasi yang dilakukan
diketahui bahwa keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas V kurang.
Kebanyakan siswa sibuk sendiri saat pembelajaran, dan hanya beberapa siswa
yang dapat menjawab dengan benar pertanyaan-pertanyaan dari guru. Rendahnya
hasil belajar siswa kelas V dalam pembelajaran membaca pemahaman adalah
karena sistem pembelajaran yang monoton. Oleh karena itu, diterapkan metode
PQRST dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. PQRST
merupakan salah satu dari teknik membaca yang dapat melatih keterampilan
membaca siswa dengan baik. Dalam penerapannya, siswa tidak hanya melakukan
kegiatan membaca saja, melainkan dapat melakukan membaca sekilas, membuat
pertanyaan, membuat ringkasan, dan mengerjakan tes. Hal itu dapat membuat
siswa menjadi lebih antusisas dalam kegiatan membacanya sehingga siswa dapat
melakukan kegiatan membaca tanpa merasa bosan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 03 Puger Tahun Pelajaran 2012/2013?; dan Penelitian dilaksanakan di SDN Mojosari 03 Puger Jember sedangkan
waktu penelitian dilaksanakan pada bulan April 2013. Subjek penelitiannya
adalah siswa kelas V SDN Mojosari 03 Puger dengan jumlah siswa 27 orang,
yang terdiri atas 10 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian yang
dilakuan adalah penelitian tindakan kelas
Berdasarkan analisis data, diketahui adanya peningkatan hasil belajar dari
56% pada pra siklus menjadi 81% pada siklus 1. Setelah melaksanakan siklus 2,
terdapat peningkatan hasil belajar dari 81% menjadi 93% pada siklus 2. Hal
tersebut membuktikan bahwa penerapan metode PQRST
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru dapat menerapkan
metode PQRST dalam pembelajaran untuk dapat meningkatkan keterampilan
siswa. Bagi siswa, hendaknya senantiasa rajin belajar dan berusaha meningkatkan
hasil belajar seperti apapun metode yang digunakan dalam pembelajaran.
Terakhir, bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan atau referensi
terhadap penelitian yang serupa terutama pada penelitian di bidang bahasa untuk
keterampilan membaca bagi siswa.