Javanese Gender Different Responses to Compliment in English Second Language Learners: Case Study Students of Engliah Department Academic Year 2013 Faculty of Letters (Perbedaan Gender Terhadap Respon Pujian Pada Pembelajar Bahasa Kedua yang Jawa: Studi Kasus Siswa Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Tahun Angkatan 2013)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang strategy menerima pujian yang dilakukan oleh Siswa Jawa Angkatan 2013 sebagai pembelajar bahasa kedua di Jurusan Sastra Inggris, Universitas Jember. Sebagai pembelajar Bahasa Inggris, siswa Jawa mungkin terpengaruh oleh budaya Jawa ketika membuat respon pujian dalam Bahasa Inggris atau terpengaruh budaya Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasikan strategi menerima pujian Siswa Jawa dan mencari faktor pembeda antara pola menerima pujian pria Jawa dan wanita Jawa. Kemudian mencari tahu apakah transfer pragmatik konsep kesopanan dalam bahasa Jawa tercermin dalam strategi menerima pujian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Peneliti menggunakan discourse completion test (DCT) untuk mengumpulkan data. (DCT) diberikan dalam bahasa Inggris yang terdiri dari sepuluh skenario yang memuat lima situasi untuk membuat respon pujian dan lima situasi untuk membuat respon dari beberapa jenis speech acts. Hal ini dilakukan agar menghindari pengkoleksian data yang monoton dalam pembuatan respon pujian. Data yang diperoleh diklasifikasikan menggunakan taksonomi strategi menerima pujian yang dikenalkan oleh Herbert (1986). Teori yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah teori konsep kesonapan Brown & Levinson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Agreeement adalah strategi menerima pujian yang paling banyak digunakan oleh partisipan dan konsep kesopanan Jawa dan Inggris tercermin di dalamnya dan memungkinkan timbulnya akulturasi dalam percakapan bikultural. Dalam hal lain partisipan pria Jawa dan Partisipan wanita Jawa membuat respon pujian yang sama yakni strategi Agreement.
Collections
- SRA-Humanities [343]