PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNEGOSIASI SECARA LISAN PADA SISWA KELAS X FR2 SMK NEGERI 3 BONDOWOSO
Abstract
Materi teks negosiasi merupakan materi yang diajarkan dalam mata pelajaran
Bahasa Indonesia pada kelas X SMA/SMK semester 2 kurikulum 2013. Kesulitan
yang dialami siswa saat bernegosiasi adalah siswa kurang dapat memilih kata serta
menyusunnya menjadi kalimat yang tepat, kalimat kurang persuasif, kalimat tidak
efektif, tidak percaya diri saat bernegosiasi terbukti saat bernegosiasi intonasi suara
yang kurang tepat, artikulasi yang tidak jelas dan gerak tubuh yang tidak ada.
Kekurangan-kekurangan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan metode Group
Investigation.
Jenis dan rancangan penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Penelitian ini ditetapkan di SMK Negeri 3 Bondowoso, Jl. Santawi No.96 A
Bondowoso. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran
2013/2014. Sumber data penelitian ini adalah nilai siswa sebelum penelitian
berlangsung, kerakteristik siswa kelas X FR2 SMK Negeri 3 Bondowoso. keterangan
guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia tetang metode yang digunakan
sebelum penelitian berlangsung. Penelitan ini dibagi menjadi dua Siklus yaitu siklus
I dan siklus II.
Group Investigation dilakukan dalam enam fase, yaitu fase pembegian topik,
fase perencanaan kooperatif, fase implementasi, fase analisis, fase pemaparan, dan
fase evaluasi. Penggunaan metode Group Investigation dapat meningkatkan
keterampilan berbicara materi negosiasi pada kelas X FR2 SMK Negeri 3
Bondowoso. Proses pelaksanaan berlangsung dengan prosedur sebagai berikut: (1) guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil, lalu membagikan topik
yang akan dibahas oleh setiap kelompok, (2) guru dan siswa bersama-sama
merencanakan jalanya kegian kooperatif, (3) setiap kelompok bersama-sama
menganalisis topik yang telah mereka terima, (4) setiap kelompok secara bergantian
memaparkan hasil diskusi mereka di depan kelas, (5) guru mengevaluasi hasil dari
diskusi yang dilakukan siswa dan memberi perbaikan dan tugas membuat teks
negosiasi serta memperagakannya di depan kelas. Penerapan metode pembelajaran
Group Investigation materi negosiasi pada siswa kelas X FR 2 SMK Negeri 3
Bondowoso dapat meningkatkan hasil belajar. Pada awal observasi siswa kurang
dapat memilih kata serta menyusunnya menjadi kalimat yang tepat, kalimat kurang
persuasif, kalimat tidak efektif, tidak percaya diri saat bernegosiasi terbukti saat
bernegosiasi intonasi suara yang kurang tepat, artikulasi yang tidak jelas dan gerak
tubuh yang tidak ada namun pada pelaksanaan siklus I perlahan mulai membaik
kalimat cukup tersusun dengan baik dan pemilihan kata pada kalimat sudah cukup
baik serta kalimat telah cukup persuasive dan mulai percaya diri terbukti dengan
intonasi suara yang mulai bervariasi, artikulasi yang mulai jelas pengucapannya, dan
gerak tubuh mulai ada karena dengan Group Investigation siswa lebih
mempermudah menguasai materi dengan adanya diskusi bersama dengan kelompokkelompok
yang telah menerima pokok-pokok masalah dan saling memberi informasi
yang telah telah didapat kepada kelompok lain. Pada siklus II siswa semakin
menunjukkan peningkatan terbukti kemampuan menyusun teks negosiasi dengan
menggunakan pilihan kata yang lebih baik dan kalimat-kalimat yang mereka susun
sudah menunjukkan kalimat persuasif, serta kemampuan bernegosiasi mereka yang
lebih percaya diri dari sebelumnya dapat dilihat dari intonasi yang baik, artikulasi
jelas dan gerak tubuh yang sesuai. Terbukti pada kegiatan prasiklus ada sebanyak 9
siswa atau 53% dari total 17 siswa yang mencapai nilai ketuntasan, sedangkan
sebanyak 8 siswa atau 47% dari total 17 siswa belum mencapai ketuntasan nilai.
Pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan nilai 2,66 yakni sebanyak 8 siswa atau 61% dari total 13 siswa, sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan nilai
sebanyak 5 siswa atau 39%. Selanjutnya, pada siklus II terdapat 10 siswa atau 76%
dari total 13 siswa mencapai ketuntasa nilai. Sisanya sebanyak 3 siswa atau 24% dari
total 13 siswa, belum mencapai ketuntasan nilai. Oleh karena itu dapat disimpulkan
bahwa penerapan metode pembelajaran Group Investigation materi negosiasi pada
siswa kelas X FR 2 SMK Negeri 3 Bondowoso dapat meningkatkan hasil belajar.