MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA PADA SISWA KELAS II SDN KEPATIHAN 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kepatihan 05 Jember. Penentuan subjek
penelitian menggunakan populasi, yaitu di kelas II dengan jumlah siswa sebanyak 35
siswa.sumber data primer diperoleh dari siswa kelas II dan guru kelas sedangkan data
viii
sekunder diperoleh dari guru kelas. Desain penelitian ini adalah model dari Hopkins
dengan menggunakan 4 fase yaitu perencanaan, tinadakan, observasi, dan refleksi.
untuk memperoleh data dari penelitian ini menggunakan metode observasi,
wawancara dan tes. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisa data
deskriptif kualitatif.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan
adanya aktivitas belajar siswa. Kreaktifitas belajar siswa sebelum tindakan
menunjukkan kriteria keaktifan masih dibawah 65% setelah dilakukan tindakan dari
siklus I sampai siklus II kriteria keaktifan siswa menunjukkan peningkatan sebesar
80,2%. Dilihat dari aktivitas siswa dalam mendengarkan/memperhatikan penjelasan
guru, berdiskusi/Tanya jawab antar guru dan siswa, membaca/mengerjakan LKS,
mengerjakan tugas-tugas yang kontekstual dan relevan, bekerjasama denga siswa
lain, berlatih melakukan keterampilan proses dan menyimpulkan pengamatan.
Kesimpulan dari hasil penelitian dan pembahasan adalah pendekatan CTL
pada pembelajaran IPS berjalan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa
kelas II SD Negeri Kepatihan 05 Jember. Persentase aktivitas dan hasil belajar siswa
secara klaskal dengan pendekatan CTL pada materi pokok kedudukan dan peran
anggota keluarga mengalami peningkatan 57,14% menjadi 77,14%.