Show simple item record

dc.contributor.authorULFAIDAH
dc.date.accessioned2013-12-10T01:48:19Z
dc.date.available2013-12-10T01:48:19Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM080210274055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/7027
dc.description.abstractPembelajaran IPS adalah pembelajaran yang mengedepankan cara berpikir krits, dan analitis. Pada pembelajaran IPS di kelas V SDN Jember Kidul 01 kurang maksimal. Pada pembelajaran tersebut siswa sebagai subjek yang pasif. Pembelajaran hanya berpusat pada guru sebagai pusat informasi dalam pembalajaran. Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengkaji: (1) Peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran IPS khususnya dalam memahami Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda Dan Jepang siswa kelas V SDN Jember Kidul 01. (2) Peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS khususnya dalam memahami Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda Dan Jepang siswa kelas V SDN Jember Kidul 01. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Jember Kidul 01 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember kelas V yang terdiri dari 32 orang siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilakukan sebanyak 1 pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan deskripsi kuantitatif. Pengambilan data dimulai pada tanggal 15 Februari 2011. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh observer dengan menggunakan lembar observasi menujukkan peningkatan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya. Hasil tes kinerja yang mengukur tingkat aktivitas belajar siswa pada aspek keterlibatan dalam kerjasama, peran dalam kelompok, dan keaktifan . Siklus I aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup aktif pada siklus II meningkat pada kategori aktif. Hasil tes esai berdasarkan penelitian menunjukkan peningkatan porsentase ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya. Siklus I porsentase klasikal sebesar 65,625%% dan Siklus II porsentase ketuntasan klasikal sebesar 84,375%%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi Perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang dengan pembelajaran kooperatif menggunakan media visual.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210274055;
dc.subjectAktivitas Belajar, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Media Visulen_US
dc.titleMENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL GAMBAR PADA KELAS V SDN JEMBER KIDUL 01 KECAMATAN KALIWATES – KABUPATEN JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record