MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN KEPATIHAN 04 PADA PELAJARAN IPS MELALUI METODE INKUIRI DAN MEDIA MINIATUR POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian
dilaksanakan di SDN Kepatihan 04 Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Subjek
penelitian adalah siswa kelas IV semester genap tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 25
siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan
dokumentasi. Peneliti dibantu oleh 3 observer dan dilaksanakan mulai tanggal 29
April 2011 sampai tanggal 14 Mei 2011. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus
terdiri dari dua kali pertemuan. Hal-hal yang dilakukan pada setiap siklus adalah
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal
meningkat, sebelum dilaksanakan tindakan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar
28% (lampiran G). Siklus I ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar
72%. Siklus II ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 88%. Motivasi
belajar siswa secara klasikal pada siklus I 2,88% dengan kriteria cukup baik dan
mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 3,48% dengan kriteria tinggi. Sehingga
dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan metode Inkuiri efektif untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kepatihan 04
Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
perkembangan teknologi semester genap tahun ajaran 2010/2011.