• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn POKOK BAHASAN KEJADIAN SEHARIHARI MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELAS III SDN KEBONSARI 04 JEMBER SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Sury Yono.pdf (241.6Kb)
    Date
    2013-12-10
    Author
    Sury yono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan kejadian sehari-hari melalui metode bermain peran di kelas III SDN Kebonsari 04 Jember semester II tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi melalui tahapan dua siklus.. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara dan Dokumentasi. penelitian ini, dilaksanakan di SDN Kebonsari 04 Jember yang dimulai dimulai pada tanggal 19 April 2011 sampai dengan tanggal 17 Mei 2011 subyek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah 38 siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat dilihat dari persentase aktivitas belajar siklus I sebesar 46,71% dan pada siklus II 69,97%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 55,27% atau 21 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar dan pada siklus II sebesar 81,58% atau sebanyak 31 siswa yang mengalami ketuntasan hasil belajar, Selain itu dilihat dari nilai rataratanya pada siklus 1 mencapai 64,47, sedangkan pada siklus II mencapai 78,15. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode bermain peran pada mata pelajaran PKn pokok bahasan kejadian sehari-hari dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas III SDN Kebonsari 04 Jember. Saran dari hasil penelitian ini adalah : (1) Bagi Sekolah, (2) Bagi peneliti dan (3) bagi guru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6993
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository