Show simple item record

dc.contributor.authorAgung Andika Rahman
dc.date.accessioned2013-12-10T00:51:40Z
dc.date.available2013-12-10T00:51:40Z
dc.date.issued2013-12-10
dc.identifier.nimNIM090210204147
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6977
dc.description.abstractPeningkatan Hasil Belajar IPS dengan Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Nambered Head Togheter Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki oleh siswa setelah belajar, rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena penerapan metode pembelajaran yang kurang tepat. Dalam tes pra siklus pada mata pelajaran IPS, ditemukan bahwa siswa yang tuntas dalam belajar ada 12 siswa atau 33,33%, sedangkan siswa yang belum tuntas dalam belajar ada 24 siswa atau 66,67%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa belum memenuhi KKM yang disepakati . Berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas IV Bagorejo 03 Gumukmas-Jember, didapatkan informasi bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan guru masih bersifat konvensional dan monoton. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan cara memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Cooperative merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembel ajaran kontekstual, salah satunya adalah model pembelajaran Cooperative tipe NHT. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menentukan rumusan masalah bangsa dan budaya dengan menggunakan metode Numbered Heads Together Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, yang menggunakan Setting kelas IV SDN Bagorejo 03 Gumukmas -Jember , yang dilaksanakan pada tanggal 13 Oktober 2011 sampai 17 November 2011 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 55,6% dan motivasi siswa sebesar 66,6% yang tergolong cukup tetapi, belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara klasikal, sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus 2, pada siklus 2 langkah-langkah yang dilakukan seperti lebih intensif membimbing kelompok dan memberi penghargaan yang menarik, sehingga pada siklus 2 diperoleh kentuntasan belajar secara klasikal dengan peningkatan 22,2% sedangkan motivasi meningkat 8,1% dari siklus I. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe NHTdapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bagorejo 03 Gumukmas -Jember Tahun Pelajaran 2011-2012. Saran yang diberikan peneliti adalah untuk melaksanakan strategi pembelajaran yang bersifat Student Centre maka guru dapat memilih metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam proses belajar mengajar agar hasil yang ingin diperoleh dapat lebih optimal. Sedangkan bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204147;
dc.subjectMetode Cooperative, Model Numbered Heads Togetheren_US
dc.titlePeningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Cooperative dan Model Numbered Heads Together ( IPS Pokok Bahasan Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Kelas IV SDN Bagorejo 03 Tahun Ajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record