• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE TGT ( TEAMS GAME TOURNAMENT ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK TEKNOLOGI KOMUNIKASI DI SDN SUKORAMBI 01 JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    NOVIA AULIA AZIZAH - 090210204186_1.pdf (480.1Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    NOVIA AULIA AZIZAH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan di lapangan khususnya di SD Negeri Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember menunjukkan bahwa siswa kurang semangat untuk belajar IPS dikarenakan tidak adanya media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dimana guru masih menggunakan cara mengajar yang biasa tanpa melibatkan peran aktif siswa, selain itu sarana dan prasarananya yang berupa sumber belajar yang dimiliki siswa masih menggunkan LKS tanpa adanya buku penunjang lainnya Berdasarkan latar belakang masalah penelitian di atas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran IPS materi pokok teknologi komunikasi melalui pendekatan kooperatif tipe TGT di SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Jember Semester genap tahun pelajaran 2011/2012 ? Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan kooperati tipe TGT ( Teams Game Tournament ) pada mata pelajaran IPS. Penggunaan model pembelajaran TGT dalam penelitian ini adalah salah satu pembelajaran yang dapat memancing aktivitas dan hasil belajar siswa, karena pembelajaran tersebut siswa akan diajak belajar dengan cara bermain sehingga setiap siswa lebih mudah memahami pelajaran dengan menjawab kartu-kartu soal yang ada dalam permainan. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Penentuan subyek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu di kelas IV dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa. Sumber data utama diperoleh dari siswa kelas IV dan guru kelas IV. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Hopkins dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelum tindakan hasil belajar siswa menunjukan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 32,86 % dengan kriteria kurang. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa 2,22 dengan kriteria aktivitas belajar sedang, dan hasil belajar siswa meningkat dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 75 %. Pada siklus II, aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 2,6 dengan kriteria aktivitas belajar tinggi. Peningkatan tersebut searah dengan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 96%. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Sukorambi 01 Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012. Saran yang diberikan adalah siswa yang mengalami kesulitan hendaknya diberikan suatu bimbingan secara individu agar siswa lebih memahami langkah– langkah pembelajaran tipe TGT, hal tersebut dimaksudkan agar siswa lebih memahami dan mampu melaksanakan permainan dengan baik dan lancar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6951
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository