PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA RAKYAT DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERPADU SISWA KELAS V SDN SUMBERSALAK 01 LEDOKOMBO-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Pembelajaran menyimak penting bagi siswa, dalam kegiatan sehari-hari baik
dalam kegiatan pembelajaran maupun diluar, siswa lebih banyak berurusan dengan
kegiatan menyimak dibandingkan dengan kegiatan berbahasa lainnya. Dapat
disimpulkan bahwa kegiatan menyimak merupakan kegiatan yang paling banyak
digunakan daripada keterampilan yang lain seperti berbicara, membaca dan menulis.
Kemampuan menyimak siswa kelas V SDN Sumbersalak 01 LedokomboJember
masih dinilai kurang. Dapat dilihat dari hasil belajar siswa mata pelajaran
Bahasa Indonesia pokok bahasan cerita rakyat masih dibawah standart ketuntasan
belajar minimal yang telah ditetapkan yaitu > 63. Permasalahan ini dikarenakan : (1)
pola pembelajaran guru yang cenderung monoton, dimana guru masih kurang
menggunakan multimetode. (2) kurangnya penggunaan media pembelajaran sebagai
alat dalam membantu memahami materi pembelajaran.
Berdasarkan permasalahan di atas maka perlu untuk dilaksanakan penelitian
dengan menerapkan pendekatan pembelajaran terpadu. Pendekatan pembelajaran
terpadu merupakan pendekatan yang menyatukan beberapa aspek kedalam satu
proses. Pendekatan pembelajaran terpadu yang digunakan adalah pendekatan
pembelajaran terpadu interbidang studi, yaitu memadukan aspek menyimak dengan
berbicara dan menulis.
Berdasarkan permasalahan yang telah disebutkan dapat dirumuskan suatu
permasalahan, yaitu: (1) bagaimanakah proses penerapan pendekatan pembelajaran
terpadu pada pembelalajaran menyimak dalam meningnkatkan hasil belajar siswa
kelas V SDN Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? (2)
bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan pendekatan
pembelajaran terpadu dalam pembelajaran menyimak siswa kelas V SDN
Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? Tujuan penelitian
ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan pendekatan
pembelajaran terpadu siswa kelas V SDN Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo
Kabupaten Jember; (2) Untuk meningkatkan hasil belajar melalui pendekatan
pembelajaran terpadu siswa kelas V SDN Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo
Kabupaten Jember.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sumbersalak 01 Kecamatan
Ledokombo Kabupaten Jember kelas V yang terdiri dari 33 siswa, dengan 14 siswa
laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
pembelajaran terpadu dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan
pelaksanaan dua siklus. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, wawancara ,
observasi dan tes.
Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) proses penerapan
pendekatan pembelajaran terpadu dalam meningkatkan kemampuan menyimak
adalah proses pembelajaran yang memadukan keterampilan menyimak dengan
berbicara dan menulis, (2) penerapan pendekatan pembelajaran terpadu dapat
meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok
bahasan cerita rakyat siswa V di SD Negeri Sumbersalak 01 Kecamatan Ledokombo
Kabupaten Jember tahun ajaran 2011/2012.
Dalam penelitian ini terdapat beberapa saran antara lain: (1) bagi guru di SDN
Sumbersalak 01 Ledokombo-Jember disarankan dalam menggunakan pendekatan
pembelajaran terpadu pada pembelajaran menyimak, sebaiknya menjelaskan tahaptahap
pembelajarannya sebelum proses pembelajaran berlangsung, (2) bagi siswa
yang sudah memenuhi standar ketuntasan kemampuan menyimak, disarankan untuk
membiasakan menyimak dengan penuh konsentrasi. Siswa yang belum mencapai
ketuntasan hasil belajar, disarankan untuk lebih berkonsentrasi pada apa yang
disimak, (3) bagi peneliti lain, disarankan merencanakan rencana pembelajaran
seoptimal mungkin terutama pada skenario pembelajaran, pengaturan ruang, dan
alokasi waktu.