Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Pemerhati Dalam Memilih Mendengarkan Radio Prosalina FM Jember
Abstract
Radio merupakan media komunikasi massa yang penyiarannya ditujukan untuk umum
dengan seluruh sistem dimana pesan diproduksikan, dipilih, disiarkan, diterima dan ditanggapi.
Dilihat dari karakteristiknya, media radio mempunyai ciri khusus yakni media yang lebih mudah
dijangkau dan didengarkan oleh siapa, kapan dan dimana saja. Hal ini terbukti dari keberadaan
tekhnologi yang berkembang saat ini seperti handphone dan mobil yang telah dilengkapi media
radio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor apa saja yang
mempengaruhi pengambilan keputusan pemerhati untuk memilih mendengarkan Radio Prosalina
FM Jember.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan desain penelitian eksploratori. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kalangan masyarakat Jember yang mendengarkan Radio Prosalina
FM Jember. Metode sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah
responden sebanyak 100 responden. Faktor yang digunakan yakni 11 faktor dengan alat analisis
faktor. Analisis faktor digunakan untuk mereduksi data atau meringkas sejumlah faktor menjadi
lebih sedikit dan menamakannya sebagai variabel, namun dalam hal ini masih memuat sebagian
besar informasi yang terkandung dalam faktor asli. Penelitian ini menggunakan analisis faktor
untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi pengambilan keputusan pemerhati untuk
memilih mendengarkan Radio Prosalina FM Jember.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari 11 faktor yang diteliti, dihasilkan 3
kelompok faktor baru yang terbentuk, yaitu faktor kualitas jasa, faktor bonus, dan faktor musik
yang nantinya penelitian ini diharapkan lebih mampu meningkatkan ketiga faktor atau variabel
yang telah dibentuk.