PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS I SDN SUMBERJATI 01 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian dilakukan di SD Negeri Sumberjati 01 Jember pada semester
genap. Subjek penelitian yang diambil adalah seluruh siswa kelas 1 SD Negeri
Sumberjati 01 Jember Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 38 siswa. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan
adalah metode observasi, metode tes, metode wawancara dan metode dokumentasi.
Sedangkan data yang dikumpulkan adalah aktivitas guru dan siswa selama
pembelajaran, hasil tes, hasil wawancara, dan dokumen-dokumen lainnya yang
mendukung penelitian.
Dalam pembelajaran materi Operasi Hitung Bilangan setelah penerapan
cooperative learning menggunakan media gambar terlihat adanya suatu peningkatan
aktivitas dan hasil belajar yang ditunjukkan dengan peningkatan hasil tes akhir pada
siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 kegiatan tes akhir ketuntasan klasikal yaitu
sebesar 73,69% dan pada siklus 2 kegiatan tes akhir ketuntasan belajar siswa secara
klasikal yaitu sebesar 92,11%. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa siklus 1
dan siklus 2 mengalami suatu peningkatan sebesar 20%. Pada siklus 1 sebenarnya
sudah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 70% tetapi tetap dilanjutkan ke siklus 2
sebagai pemantapan.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan cooperative learning
menggunakan media gambar pada materi Operasi Hitung Bilangan berjalan dengan
baik dan mendapat respon positif dari siswa maupun guru Matematika kelas 1 SD
Negeri Sumberjati 01 Jember, selain itu dengan penerapan cooperative learning
menggunakan media gambar juga dapat membuar siswa aktif dan antusias dalam
pembelajaran dikelas karena siswa diberi kesempatan menemukan dan
mengemukakan pendapatnya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka.