PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN KARTU THEMATIC DOMINOES PADA SISWA KELAS V SDN 5 KEBONDALEM (Studi Kasus Pokok Bahasan Perjuangan Para Tokoh Pejuang Pada Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang Tahun Pelajaran 2010-2011)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada siklus 1
dan siklus 2, dapat disimpulkan bahwa :
1. Penggunaan pembelajaran metode bermain kartu Thematic Dominoes pada
materi perjuangan para tokoh pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dimana pada pra siklus nilai rata-rata
siswa hanya 53,5 menjadi 86,4 pada akhir siklus 2 dan prosentase ketuntasan
belajar klasikal siswa dari 50% menjadi 100% sampai akhir siklus 2.
2. Penggunaan metode permainan kartu Thematic Dominoes juga dapat
meningkatkan aktifitas belajar siswa, hal ini tercermin dari nilai dan kriteria
aktifitas belajar siswa yang meningkat selama proses pembelajaran di siklus 1
64,2% dan 100% pada siklus 2.