ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM MENGGUNAKAN E-FILLING PADA KPP PRATAMA JEMBER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan,
persepsi kemudahan, kerumitan, keamanan dan kerahasiaan, kesiapan pengguna dan
kepuasan pengguna terhadap perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-filling.
Pengumpulan data dilakukan dengan menyediakan pertanyaan dalam bentuk
kuisioner yang dikirimkan secara langsung kepada responden, e-mail dan melalui
pihak ketiga. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang
menggunakan e-filling dan terdaftar di KPP Pratama Jember. Sebanyak 100 kuesioner
yang dikirim, dan sebanyak 100 kuesioner yang kembali tetapi hanya 28 kuesioner
yang dapat digunakan karena yang 72 kuesioner bukan wajib pajak yang
menggunakan e-filling. Data yang diperoleh kemudian diproses dan dianalisis dengan
SPSS versi 15. Alat analisis data menggunakan logistic regression analiysis dengan
tingkat signifikansi α=5%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan,
persepsi kemudahan, keamanan dan kerahasiaan, kesiapan teknologi dan kepuasan
pengguna berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku wajib pajak dalam
menggunakan e-filling. Sedangkan kerumitan, tidak berpengaruh terhadap minat
perilaku wajib pajak dalam menggunakan e-filling.
Kata kunci :persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kerumitan, keamanan dan
kerahasiaan, kesiapan teknologi wajib pajak, kepuasan pengguna, minat perilaku, efilling.