• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATERI KONVERSI UKURAN PANJANG DENGAN MENGGUNAKAN INOVASI SEMPOA (INOSA) DI SDN BAGOREJO 01 TAHUN PELAJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Slamet Rudiyanto.pdf (399.1Kb)
    Date
    2013-12-09
    Author
    SLAMET RUDIYANTO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Bagorejo 01 kelas III tahun pelajaran 2010/2011 yang terdiri dari 24 siswa, 12 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.Pada pelaksanaan penelitian peneliti yang bertindak sebagai pengajar dibantu oleh 2 orang rekan sejawat yang bertindak sebagai observer terhadap aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. viii Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 6 Januari sampai 21 januari dengan subjek penelitian siswa kelas III SDN Bagorejo 01 Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan tes individu. Pada siklus I, aktivitas siswa secara klasikal cukup baik berdasarkan lembar observasi siswa dengan tingkat ketidakmunculan aktivitas siswa terbanyak dari 19 indikator yang ditetapkan hanya 3 aktivitas yang tidak muncul. aktivitas guru sudah sanggat baik karena dari 10 indikator sudah tercapai semua, namun masih ada beberapa indikator yang perlu ditingkatkan lagi. Siklus II, aktivitas siswa secara klasikal sudah tercapai dengan baik hal ini di buktikan dari 19 indikator tidak ada indikator yang tidak tercapai, aktivitas guru juga tercapai dengan baik meski masih dengan catatan. Analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus I tes akhir I mencapai 75 %, pada siklus II tes akhir II mencapai 85 %. Berdasarkan analisis ketuntasan hasil belajar pada siklus II tersebut, siswa kelas III telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kelas dikatakan tuntas belajar bila terdapat minimal 75% yang telah mencapai skor ≥65. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar pada materi konversi ukur panjang menggunakan inovasi sempoa (INOSA). Kendala yang dihadapi selama kegiatan pembelajaran adalah pada saat pembelajaran. Pada saat pelaksanaan siklus I siswa masih merasa asing dengan penggunaan sempoa, sehingga guru harus berusaha keras menarik perhatian siswa agar tertarik pada pembelajaran yang dilakukan. Penerapan pembelajaran menggunakan inovasi sempoa (INOSA) ini dapat menjadikan siswa lebih aktif, tertarik, dan senang dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/6873
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository