Analisis Pengaruh promosi terhadap penjualan pada PT. Sari Husada Yogyakarta.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel-variabel promosi terhadap penjualan dan mengetahui variabel promosi yang paling berpengaruh terhadap penjualan produk, penelitian ini dilakukan di Yogyakarta.
Penelitian ini mempergunakan data penjualan, biaya variabel periklanan, biaya variabel promosi penjualan, dan biaya variabel personal selling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan metode wawancara dan metode kepustakaan, sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda, koefesien determinasi berganda, uji t, koefesien korelasi parsial dan uji F.
Hasil analisis data diketahui bahwa secara bersama variabel periklanan, promosi penjualan dan personal selling berpengaruh besar terhadap penjualan yaitu sebesar 99,8 %, sedangkan secara parsial diketahui bahwa variabel periklanan memiliki korelasi paling besar, yaitu sebesar 0,871 terhadap penjualan. Dan melalui Uji t dan Uji F menunjukkan bahwa pengaruh - pengaruh tersebut signifikan (nyata).
Hasil pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa secara bersama variabel - variabel promosi memiliki pengaruh yang kuat dan nyata terhadap penjualan sedangkan secara parsial dapat diketahui bahwa variabel periklanan merupakan variabel yang memiliki hubungan paling dekat dengan penjualan, maka dapat diberikan saran kepada PT. Sari Husada Yogyakarta untuk mempertahankan strategi promosi dan lebih meningkatkannya lagi.