• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Pembelajaran Inquiry Dengan Penilaian Diri Untuk Meningkatkan

    Thumbnail
    View/Open
    AYU AGUSTIN.pdf (319.3Kb)
    Date
    2015
    Author
    Ayu Agustin
    Sumardi
    Mohammad Naim
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran sejarah yang baik adalah pemebelajaran sejarah yang mampu menumbuhkan kemampuan peserta didik melakukan konstruksi kondisi masa sekarang dengan mengkaitkannya dengan masa lalu yang menjadi basis topik pembahasan dalam pembelajaran sejarah. Penumbuhan kemampuan peserta didik berkaitan erat dengan minat belajar siswa. Tinggi rendahnya minat belajar siswa dapat diketahui dari mengikuti pelajaran, mengerjakan soal, mencatat materi, dan memperhatikan penjelasan pendidik. Permasalah dalam penelitian ini adalah minat belajar peserta didik kelas XI SOS 1 pada mata pelajaran sejarah termasuk dalam kategori rendah. Untuk mengatasi permasalah itu maka digunakan metode inquiry yang dipadukan dengan penilaian diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas XI SOS 1 dengan menerapkan metode pembelajaran inquiry yang diapduakn dengan penilaian diri. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SOS 1 di SMAN 2 Tanggul yang berjumlah 31 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan minat dan hasil belajar peserta didik. peningkatan minat belajar peserta didik pada siklus satu sebesar 51,16 %, siklus 2 dari 17,19% menjadi 60,48%, siklus 3 dari 25,33% menjadi 75,80%. Peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif pada siklus 1 sebesar 67,74%, siklus 2 dari 14,28% menjadi 77,41%, dan siklus 3 4,18% menjadi 80,64%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode inquiry yang dipadukan dengan penilaian diri dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/68356
    Collections
    • SRA-Education [1352]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository