GAYA BAHASA PADA IKLAN PRODUK KECANTIKAN PERAWATAN KULIT WAJAH DI MAJALAH FEMINA (LANGUAGE STYLE OF FACIAL CARE BEAUTY PRODUCTS’ ADVERTISEMENT IN FEMINA MAGAZINE)
Abstract
Bahasa iklan merupakan bahasa yang digunakan secara informatif, emotif, estetis, dan persuasif agar masyarakat terpengaruh terhadap iklan produk yang dipromosikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan gaya bahasa pada iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah majalah Femina, perubahan makna pada iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah di majalah Femina, dan tanggapan masyarakat terhadap iklan produk tersebut. Hasil penelitian menunjukkan gaya bahasa yang terdapat pada iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah di majalah Femina, adalah gaya bahasa klimaks, antiklimaks, dan mesodiplosis. Selain itu, adagaya bahasa persamaan, metafora, personifikasi, metonimia, sinekdoke, asindeton, eufemismus, erotesis, eliterasi, dan asonansi. Makna pada iklan produk kecantikan perawatan kulit wajah di majalah Feminaada yang mengalami perluasan arti dan ameliorasi.Masyarakat ada yang menanggapi positif dan negatif wacana iklan tersebut.
Collections
- SRA-Humanities [343]