ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAKAI JASA (Studi Kasus Pada PT. KAI DAOP IX) DI JEMBER
Abstract
Penelitian yang  dilakukan di  PT. KAI  DAOP IX Jember  mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel dalam volume penjualan, sedangkan pelaksanaan    penelitian adalah triwulan I th 1998 -- triwulan l th 2001.
Metode penelitian yang digunakan dengan metode studi    kasus dimana penelitian ini merinci kegiatan-kegiatan jumlah pemakai  jasa  pada PT KAI selama kurun waktu   yang telah ditetapkan. Selanjutnya peneliti berusaha  menentukan variabel  mana yang paling tepat untuk di kembangkan.
Perhitungan analisis regresi terhadap volume penjualan pada tiket kereta api mutiara timur kelas bisnis   menunjukkan bahwa  variabel yang mempengaruhi yaitu biaya promosi dan biaya penyedian untuk pengujian secara serentak menunjukkan pengaruh yang sangat   significant yaitu  sebesar 0,851. Sedangkan variabel tarif  di keluarkan dari proses pengolahan data karena besarnya tarif tidak berubah selama diadakannya penelitian  sehingga tidak bisa  diregresi.
Simpulan yang diperoleh bahwa variabel biaya penyediaan fasilitas mempunyai pengaruh yang paling dominan      terhadap volume penjualan hal ini ditunjukkan dengan  besarnya nilai regresi yaitu sebesar 2.506.000 dengan  tingkat significan 0,004 dibandingkan dengan nilai regresi  terhadap biaya promosi sebesar 2,329000 dengan tingkat     significan 0,005. Dengan analisis kwantitatif maka   rumusan strategi pemasaran  yang digunakan adalah strategi  kombinasi.
