ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PEMAKAI JASA (Studi Kasus Pada PT. KAI DAOP IX) DI JEMBER
Abstract
Penelitian yang dilakukan di PT. KAI DAOP IX Jember mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel dalam volume penjualan, sedangkan pelaksanaan penelitian adalah triwulan I th 1998 -- triwulan l th 2001.
Metode penelitian yang digunakan dengan metode studi kasus dimana penelitian ini merinci kegiatan-kegiatan jumlah pemakai jasa pada PT KAI selama kurun waktu yang telah ditetapkan. Selanjutnya peneliti berusaha menentukan variabel mana yang paling tepat untuk di kembangkan.
Perhitungan analisis regresi terhadap volume penjualan pada tiket kereta api mutiara timur kelas bisnis menunjukkan bahwa variabel yang mempengaruhi yaitu biaya promosi dan biaya penyedian untuk pengujian secara serentak menunjukkan pengaruh yang sangat significant yaitu sebesar 0,851. Sedangkan variabel tarif di keluarkan dari proses pengolahan data karena besarnya tarif tidak berubah selama diadakannya penelitian sehingga tidak bisa diregresi.
Simpulan yang diperoleh bahwa variabel biaya penyediaan fasilitas mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap volume penjualan hal ini ditunjukkan dengan besarnya nilai regresi yaitu sebesar 2.506.000 dengan tingkat significan 0,004 dibandingkan dengan nilai regresi terhadap biaya promosi sebesar 2,329000 dengan tingkat significan 0,005. Dengan analisis kwantitatif maka rumusan strategi pemasaran yang digunakan adalah strategi kombinasi.