Persepsi Keinginan Menabung Masyarakat dengan Adanya Program Untung Beliung Britama Oleh Bank BRI di Kabupaten Jember ( Desire To Save Public Perseption With Any Program Untung Beliung Britama By Bank BRI In District Jember)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi masyarakat mengenai keinginan menabung di Bank BRI berkaitan dengan diluncurkannya Program Untung Beliung Britama. Pendekatan riset yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif, sehingga subjek penelitian yang digunakan ditetapkan kriterianya dengan cara snowball yang berjumlah 10 informan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah triangulation data, sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskriptif yang merupakan proses penggambaran atau pemotretan kondisi penelitian. Teknik analisis data dibagi menjadi empat tahap yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peluncuran program untung beliung britama sangat menarik menurut para informan,berdasarkan hadiah yang diberikan untuk para pemenang yaitu berupa mobil untuk pemenang utamanya. Sedangkan persepsi informan mengenai minat menabung berkaitan dengan diluncurkannya program ini, sebagian besar informan yaitu sejumlah 9 informan menyatakan bahwa keinginan menabung atau meningkatkan saldo tabungannya di Bank BRI ada kaitannya dengan peluncuran program ini, sedangkan informan lainnya yaitu berjumlah satu orang menyatakan bahwa tidak ada kaitan antara keinginan menabung dan diluncurkannya program ini.