PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBICARA UNTUK MENDESKRIPSIKAN TUMBUHAN DAN BINATANG DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERMAIN TEBAK-TEBAKAN PADA SISWA KELAS II SDN KEPATIHAN 03 JEMBER
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kepatihan 03 Jember yang terdiri dari
36 siswa, 18 laki-laki dan 18 perempuan. Siswa berpasangan dengan teman
sebangkunya. Penelitian ini menggunakan Penelitian kualitatif dan jenis
penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus.
Metode pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Deskriptif kualitatif untuk
menganalisis data berupa observasi dan kuantitatif untuk tes performance.
Pengambilan data mulai dilakukan tanggal 15 Februari 2011 sampai 1 Maret 2011
dengan subjek penelitian siswa kelas IIb SDN Kepatihan 03 Kecamatan Kaliwates
Kabupaten Jember. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru,
dan tes performance. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil observasi
diketahui bahwa prosentase aktivitas siswa selama pembelajaran ketrampilan
berbicara untuk mendeskripsikan tumbuhan dan binatang dengan metode bermain
tebak-tebakan adalah: siklus I prosentase hasil aktivitas siswa dengan kriteria
cukup aktif sebesar 53,3% ; siklus II prosentase aktivitas siswa dengan kriteria
sangat aktif sebesar 90%. Dari hasil tes akhir yang dilakukan siswa, terdapat
13,89% siswa yang belum tuntas. Berdasarkan hasil tersebut diketahui bahwa
prosentase keuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 86,11%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan
aktivitas dan hasil belajar pada penerapan pembelajaran bahasa Indonesia dalam
mendeskripsikan tumbuhan dan binatang dengan meenggunakan metode bermain
tebak-tebakan dapat menciptakan pembelajaran yang aktif dan merangsang siswa
untuk lebih berani mengungkapkan pendapat secara lisan, memotivasi siswa untuk
meningkatkan dasil belajar serta dapat meningkatkan keakraban siswa.