• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE PICTORIAL RIDDLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI MAN 1 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Erna Hidayati - 100210102085.pdf (6.721Mb)
    Date
    2015-12-11
    Author
    Hidayati, Erna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang gejala alam dan menerangkan bagaimana gejala tersebut terjadi. Dalam pembelajaran fisika, siswa lebih cenderung mempelajari konsep matematisnya, sedangkan untuk mempelajari fisika secara keseluruhan, siswa diharapkan mempunyai beberapa kemampuan representasi bukan hanya dalam bentuk matematisnya saja. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi fisika kelas X di MAN 1 Jember, terdapat beberapa permasalahan antara lain: kurangnya kesiapan siswa terkait materi yang akan diajarkan, siswa kurang teliti dan kurangnya kemampuan siswa dalam memahami konsep fisika. Selain itu, adanya anggapan dari siswa bahwa fisika adalah pelajaran yang kurang menarik dan banyak menghafalkan persamaan matematis. Proses pembelajaran yang digunakan dapat mempengaruhi cara belajar siswa. Agar siswa lebih termotivasi dalam belajar dan terlibat langsung dalam suatu kegiatan, harus tercipta lingkungan belajar yang menarik dan dapat menunjang peran aktif siswa untuk berfikir kritis dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Salah satu model yang mendukung adalah dengan menggunakan model project based learning dengan metode pictorial riddle. Project based learning dengan metode pictorial riddle merupakan model pembelajaran yang didalamnya siswa secara individual akan menemukan dan mengkonstruksi pengetahuannya sendiri, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi yang diajarkan. Selain itu dengan metode pictorial riddle siswa akan dituntut untuk lebih berfikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan kejadian fisika dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian, maka perlu dilakukan sebuah penelitian eksperimen dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning dengan Metode Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa di MAN 1 Jember”. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji ada tidaknya pengaruh model project based learning dengan metode pictorial riddle terhadap hasil belajar fisika di MAN 1 Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Jember. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan post-test only control group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan uji T-test dengan bantuan SPSS 16. Hasil belajar dalam penelitian ini meliputi hasil belajar kompetensi pengetahuan, hasil belajar kompetensi sikap dan hasil belajar kompetensi keterampilan. Hasil uji t untuk hasil belajar kompetensi pengetahuan diperoleh 0,001 atau lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai hasil belajar kompetensi pengetahuan kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil uji t untuk hasil belajar kompetensi sikap adalah 0,123 atau lebih besar dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan skor hasil belajar kompetensi sikap yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini berarti model project based learning dengan metode pictorial riddle tidak berpengaruh terhadap hasil belajar kompetensi sikap siswa. Sedangkan hasil uji t untuk hasil belajar kompetensi keterampilan adalah 0,000 atau lebih kecil dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan skor hasil belajar kompetensi keterampilan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/67373
    Collections
    • UT-Faculty of Law [6323]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository