STRATEGI DEPARTEMEN SALES AND MARKETING HOTEL ARIA GAJAYANA MALANG UNTUK MEMENUHI TARGET DALAM KONDISI LOW SEASON
Abstract
Departemen sales and marketing adalah bagian dari hotel yang
bertanggung jawab untuk menjual kamar maupun meeting package, menentukan
harga jual serta memasarkan produk hotel lainnya melalui brosur dan media
lainnya termasuk bertanggung jawab mengikuti pasar wisata internasional dan
sejenisnya. Bagian ini bertanggung jawab juga dalam penjualan kepada tamu
perorangan maupun grup serta menetapkan reservation system. Departemen sales
and marketing juga terbagi atas beberapa bagian yaitu sales and marketing
manager, sales manager, senior sales executive dan admin sales and marketing
yang memiliki tujuan untuk memaksimalkan program kerja pada kondisi high
season maupun low season yang telah dilaksanakan oleh departemen sales and
marketing.
Pada kondisi low season tahun ini departemen sales and marketing Hotel
Aria Gajayana memiliki beberapa strategi yaitu, promosi harga 399++, branding
dan promosi 399++ di car free day Malang, bekerja sama dengan media cetak
lokal dan evening tea. Departemen sales and marketing juga tetap menggunakan
strategi yang dimiliki pada saat kondisi high season seperti sales call dan sales
blitz. Jika pada saat high season hanya satu kelompok yang terdiri dari dua sales
person yang melakukan sales call dan sales blitz, maka pada saat low season
akan ada dua kelompok sales yang melakukan sales call dan sales blitz. Dari
beberapa strategi tersebut memiliki beberapa masalah, contohnya strategi yang di
buat tidak tepat sasaran dan strategi kurang efektif untuk meningkatkan tingkat
hunian kamar. Namun masalah yang sangat menonjol dan berpengaruh terhadap
perkembangan hotel adalah pada sales person yang kurang bertanggung jawab
dan kurangnya kerja sama tim dalam menjalankan tugasnya.
Dari semua strategi yang dilaksanakan Departemen Sales and Marketing
Hotel Aria Gajayana terbilang belum efektif untuk meningkatkan tingkat hunian
kamar, namun cukup baik untuk penjualan meeting package. Tingkat keberhasilan
strategi yang dimiliki sangat bergantung pada sales person. Rasa tanggung jawab
dan kerja sama tim pada departemen sales and marketing sangat penting dalam
meningkatkan tingkat hunian kamar (occupancy) dan juga penjualan meeting
package Hotel Aria Gajayana. Hal itu dikarenakan Hotel Aria Gajayana adalah
hotel bintang empat lokal sehingga dibutuhkan tenaga sales person yang lebih
profesional dan kerja sama tim untuk mempromosikan dan mengenalkan pada
masyarakat luas. Untuk meningkatkan kesadaran sales person akan tugas dan
tanggung jawabnya perlu diberikan pelatihan, selain itu juga perlu adanya
penambahan karyawan pada departemen sales and marketing karena saat ini
hanya memiliki empat sales person. Perbaikan cara kerja sales person diharapkan
mengikuti Standard Operating Procedure .