HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PENDIDIK DENGAN KECERDASAN JAMAK ANAK USIA DINI DI PAUD AS SHOBIER KECAMATAN JENGGAWAH KABUPATEN JEMBER
Abstract
Masa usia dini merupakan masa usia keemasan (golden age) yang tidak
bisa diulang untuk kedua kalinya. Sehingga menjadi sangat penting untuk
merangsang kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak pada masa ini. Kecerdasan
merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk memperoleh pengetahuan
dan menyelesaikan suatu masalah secara terarah. Untuk merangsang kecerdasan
tersebut, maka peran seorang pendidik yang berkompeten sangat diperlukan.
Pendidik yang berkompeten mampu mengetahui berbagai aspek kecerdasan yang
dimiliki setiap anak, dengan demikian pendidik mampu memberikan
pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar anak. Sehingga memudahkan
pendidik dalam merangsang kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki oleh setiap
anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah hubungan antara
kompetensi pendidik dengan kecerdasan jamak anak usia dini di PAUD As
Shobier Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember? Adapun tujuan dari penelitian
ini adalah mengetahui hubungan antara kompetensi pendidik dengan kecerdasan
jamak anak usia dini di PAUD As Shobier Kecamatan Jenggawah Kabupaten
Jember. Hasil penelitian ini akan bermanfaat sebagai refrensi teoritis bagi program
pendidikan luar sekolah khususnya program pendidikan anak usia dini.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan
pendekatan kuantitatif. Tempat yang dijadikan sebagai tempat penelitian adalah
PAUD As Shobier di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Penentuan
daerah penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik penentuan
responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah populasi. Populasinya
adalah siswa siswi atau peserta didik di PAUD As Shobier yang berjumlah 14
anak dengan usia 3-4 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
observasi, dokumentasi, dan rubrik/check list. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan korelasi tata jenjang.
Berdasarkan dari analisis data maka dapat disimpulkan bahwa ada
hubungan antara kompetensi pendidik dengan kecerdasan jamak anak usia dini di
PAUD As Shobier Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Dalam artian
hipotesis nihil (Ho) ditolak sedangkan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan
analisis data pada tiap-tiap indikator antara variabel X dengan variabel Y, terdapat
beberapa indikator variabel X yang memiliki tingkat hubungan yang cukup, agak
rendah, dan rendah dengan indikator pada variabel Y. Tinggi rendahnya hubungan
antar tiap indikator pada variabel X dengan variabel Y dapat dilihat pada
perolehan r hitung yang kemudian di prediksi menggunakan interpretasi nilai
korelasi r. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat tempat tersendiri bagi
kompetensi-kompetensi tersebut untuk merangsang kecerdasan anak.
Saran yang dapat diberikan oleh peneliti untuk lembaga serta pendidik
PAUD hendaknya pendidik selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas diri
guna mencapai standar kompetensi seperti yang telah diatur dalam UU No. 14
Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sehingga semakin memudahkan dalam
merangsang kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki oleh setiap anak.