• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA BANGGA SEBAGAI BANGSA INDONESIA DI SDN KARANGPRING 03 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Mifta Rizka Mellla Jannah - 090210204050.pdf (2.268Mb)
    Date
    2015-12-07
    Author
    Jannah, Mifta Rizka Mellla
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran tematik terpadu (PTT) merupakan jenis pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran berdasarkan tema, sehingga peserta didik mampu memahami hubungan antar mata pelajaran secara terpadu. Pembelajaran tematik terpadu ini dilakukan untuk menciptakan konteks dalam berbagai jenis pengembangan yang terjadi sehingga apa yang dipelajari atau dibahas disajikan secara utuh dan menyeluruh, bukan bagian-bagian dari satu konsep yang utuh. Penerapan pembelajaran tematik terpadu bertujuan agar siswa tidak hanya memiliki kemampuan dalam pengetahuan saja tetapi juga produktif dan kreatif. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti pembelajaran di kelas V SDN Karangpring 03 Jember menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini dikarenakan siswa belum memahami cara memecahkan masalah, proses pembelajarannya kurang menarik, siswa cenderung pasif, dan siswa kurang memperhatikan penjelasan guru. Oleh sebab itu, akan dilaksanakan penelitian dengan menerapkan metode problem solving. Dari latar belakang masalah tersebut, di lakukan penelitian tindakan kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu :1) bagaimanakah penerapan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V tema banga sebagai bangsa Indonesia di SDN Karangpring 03 Jember? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah : 1) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui penerapan metode problem solving tema bangga sebagai bangsa Indonesia di SDN Karangpring 03 Jember. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Karangpring 03 di Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data observasi aktivitas belajar siswa yang semula pada pra siklus sebesar 37,78, meningkat menjadi 67,41 pada siklus 1, dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 84,20. Hasil belajar siswa secara klasikal pada pra siklus sebesar 62,41, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 69,35, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,37. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Problem Solving pada tema Bangga Sebagai Bangsa Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Karangpring 03 Jember. Saran untuk guru, metode problem solving dapat digunakan sebagai alternatif dalam kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Bagi siswa, lebih meningkatkan kreativitas dalam belajar dan memecahkan masalah dengan model atau metode pembelajaran yang menyenangkan. Saran untuk peneliti yang lain, diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pengembangan pembelajaran dan pengalaman untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66927
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository