Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII C SMP Negeri 13 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015
Abstract
Penerapan model problem based learning pada pokok bahasan Persamaan Garis
Lurus kelas VIII C SMP Negeri 13 Jember semester ganjil tahun ajaran
2014/2015 dapat berjalan dengan baik sesuai dengan langkah-langkah pada
model problem based learning. Aktifitas siswa yang meliputi orientasi pada
masalah, organisasi untuk belajar, diskusi dalam kerja kelompok, presentasi hasil
diskusi kelompok, serta analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah
mengalami peningkatan dari 67,22% pada siklus I menjadi 88,13% pada silus II.
Aktifitas guru juga mengalami peningkatan dari 81,25% pada siklus I menjadi
90,63% pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran dengan model problem based
learning masih mengalami kesulitan-kesulitan antara lain membutuhkan waktu
yang lebih banyak dan tidak semua siswa aktif dalam diskusi. Oleh karena itu
guru harus mampu mengalokasikan waktu dengan baik dan memberikan perintah
dengan tegas. Namun secara umum pembelajaran dengan model problem based
learning lebih membuat siswa tertarik dalam belajar matematika.