IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR RESIKO TERHADAP KINERJA BIAYA KONSTRUKSI PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT
Abstract
Identifikasi resiko merupakan suatu proses pengkajian resiko dan
ketidakpastian yang dilakukan secara sistematis. Dengan adanya pengidentifikasian
faktor-faktor resiko maka dapat dianalisis potensi dan kejadian apa saja yang akan
timbul. Sistem kontrol yang baik akan menjadi bagian yang tidak boleh terlupakan
agar perencanaan yang dilakukan sebelumnya dapat terlaksana dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh faktor-faktor
resiko terhadap kinerja biaya konstruksi pada proyek pembangunan gedung
bertingkat dari sudut pandang kontraktor di Surabaya. Metode yang digunakan dalam
penentuan karakteristik melalui eksplanatory dan eksploratory research. Kemudian
metode analisis data melalui beberapa pengujian, antara lain uji instrument penelitian,
uji analisa faktor, uji analisa linier berganda, uji hipotesis dan uji asumsi klasik. Hasil
dari pengujian yang dilalukan dengan menggunakan analisa faktor dan regresi linear
berganda menunjukkan bahwa dari 26 variabel terbentuk 3 faktor baru yang menjadi
faktor kinerja biaya konstruksi, diketahui bahwa 3 faktor baru berpengaruh signifikan
secara parsial terhadap kinerja biaya konstruksi proyek pembangunan gedung
bertingkat di Surabaya. 3 faktor baru tersebut memiliki 32,365%, 10,063% dan
8,673% dari seluruh total faktor yang akan memengaruhi kinerja biaya konstruksi
proyek pembangunan gedung bertingkat di Surabaya.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4097]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Analisis Diskriminan Berdasarkan Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pizza Hut Di Kabupaten Jember
Cok Rika Antari Dewi (2014-01-25)Pada penelitian ini berjudul “Analisis Diskriminan Berdasarkan Faktor Budaya, Faktor Pribadi, Faktor Sosial Dan Faktor Psikologis Terhadap proses Pembelian Produk Pizza Hut di Kabupaten Jember ”. Tujuan penelitian ... -
KEPUTUSAN PEMBELIAN BERDASARKAN FAKTOR BUDAYA, FAKTOR SOSIAL, FAKTOR PRIBADI DAN FAKTOR PSIKOLOGIS PADA PRODUK PIZZA HUT JEMBER
Diah Yulisetiarini (2014-08-15)This study analyzes consumer purchasing decisions based on cultural factor , personal, social and psychological Pizza Hut Jember . Sample of consumers who consume pizza hut. Sampling technique in this study using purposive ...