EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DALAM PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Pelayanan publik sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam
bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung
jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah pusat ataupun daerah dalam
rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam rangka
pelaksanaan ketentuan peraturan perundang–undangan. Sebagai sebuah lembaga,
pelayanan publik menjamin keberlangsungan administrasi negara yang
melibatkan pengembangan kebijakan pelayanan dan pengelolaan sumber daya
yang berasal dari dan untuk kepentingan publik. Sebagai profesi, pelayanan publik
berpijak pada prinsip–prinsip profesionalisme dan etika seperti akuntabilitas,
efektivitas, efisiensi, integritas, netralitas, dan keadilan bagi semua penerima
pelayanan. Efektivitas adalah kemampuan melaksanakan tugas, fungsi (operasi
kegiatan program atau misi) daripada suatu organisasi atau sejenisnya yang tidak
adanya tekanan atau ketegangan diantara pelaksanaannya. Kesuksesan organisasi
sangat ditentukan oleh pegawai dalam melaksanakan kegiatan secara efektif,
karena mengukur keberhasilan sebuah organisasi dapat diukur dengan konsep
efektivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas
kerja pegawai dalam pembuatan Akta Kelahiran di kabupaten Jember. Penelitian
ini akan menggunakan teori efektivitas organisasi yang dikemukakan oleh
Yeremias T. Keban sebagai perbandingan pada hasil penelitiannya.
Penelitian ini berlokasi di Jalan Jawan No. 18 Jember kecamatan
Sumbersari kabupaten Jember terhitung mulai tanggal 13 Mei 2015 sampai 13 Juli
2015, dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara,
pengamatan dan dokumentasi. Penentuan informan dalam penelitian ini
menggunakan metode purpose sampling, yaitu dengan teknik penentuan informan
dengan pertimbangan tertentu. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan
menggunakan model interaktif yang dikemukakan oleh Supoto.
Dari hasil penelitian ini diharpkan dapat dimanfaatkan sebagai satu
bentuk pengelolahan dan mengendalikan sumber daya manusia secara efektif dan
efisien agar kondisi dalam organisasi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan
kinerja pegawai khususnya pegawai Dispenduk Capil Jember dalam pelayanan
pembuatan Akta Kelahiran berkualitas dan berkuantitas.
Dari penelitian dan analisis data yang dilakukan menunjukkan bahwa
secara umum kinerja pegawai Dispenduk Capil sudah efektif walaupun masih
terdapat beberapa hambatan yang memerlukan peningkatan dan perbaikan. Hal ini
dapat dilihat dari pelaksanaan tugas sudah sesuai dengan rencana organisasi;
viii
jumlah pegawai yang digerakan sudah cukup untuk melaksanakan tugas; waktu
pelaksanaan kerja sudah sesuai dengan rencana didukung oleh skill dan kreativitas
kerja pegawai; biaya yang diperlukan sudah dianggarkan dalam APBD sesuai
dengan kebutuhan organisasi untuk menjalankan kegiatan pelayanan pembuatan
Akta Kelahiran dan kepuasan kerja pegawai menunjang efektivitas kerja, semua
pegawai melaksanakan tugas penuh keikhlasan dan takwa; masyarakat sudah
dapat merasakan pelayanan yang diberikan oleh pegawai Dispenduk Capil Jember
khususnya dalam pelayanan pembuatan Akta Kelahiran.