Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Jember
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan
Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang
Jember”. Salah satu masalah yang ada dalam prusahan tersebut adalah masalah dari
manajemen sumber daya manusia. PT. Bank Muamalat Indonesia belum melakukan
pengembangan karyawan secara optimal. Salah satu bentuk kurangnya
pengembangan karyawan pada PT. Bank Muamalat Indonesia adalah kurangnya
pelatihan mengenai kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual (ESQ). Pelatihan
ESQ yang selama ini dilakukan adalah setiap dua tahun sekali dan belum dilakukan
secara berkelanjutan. Pelatihan ESQ hanya dilakukan atas perintah dari kantor pusat
PT. Bank Muamalat Indonesia. Masalah tersebut berdampak pada PT. Bank
Muamalat Indonesia cabang Jember belum melaksanakan pengembangan ESQ secara
berkelanjutan pula. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa PT. Bank
Muamalat Indonesia cabang Jember memerlukan pengembangan kecerdasan
emosional dan kecerdasan spiritual untuk mendukung kinerja karyawan yang baik.
Kinerja karyawan yang baik dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan
yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sumber daya manusia di PT. Bank Muamalat
Indonesia berusaha selalu meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan bagi para
konsumennya. karyawan harus memiliki manajemen yang baik untuk bertugas
memberi pelayanan yang baik bagi para nasabah. Karyawan yang harus melayani
nasabah dengan baik maka, karyawan tersebut dituntut untuk bersikap profesional.
Seorang karyawan yang memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual
yang baik maka dapat menghadapi situasi yang dapat menimbulkan konflik, dalam
ix
hal ini tidak dapat diatasi oleh karyawan yang hanya memiliki kecerdasan intelektual
saja.
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh kecerdasan
emosional (X1) dan kecerdasan spiritual (X2) secara parsial dan simultan terhadap
kinerja karyawan (Y) pada PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Jember. Jenis
penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif, dimana statistik yang
digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya akan digeneralisasikan untuk
populasi dimana sampel siambil. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia cabang Jember sebanyak 42 orang. Alat
analisis yang digunakan regresi linear berganda. Hasil pengujian koefisien analisis
regresi linear berganda menunjukkan bahwa; 1) Kecerdasan emosional (X1)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) PT Bank Muamalat
Indonesia cabang Jember; 2) Kecerdasan spiritual (X2) berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) PT Bank Muamalat Indonesia cabang
Jember; 3) Kecerdasan emosional (X1) dan kecerdasan spiritual (X2) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) PT Bank Muamalat Indonesia
cabang Jember.