• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK BRI UNIT SUMBERSEWU

    Thumbnail
    View/Open
    Trisnado Arimbiyani - 110810201009.pdf (1.779Mb)
    Date
    2015-12-04
    Author
    ARIMBIYANI, TRISNADO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bank BRI unit sumbersewu merupakan salah satu unit dari Bank BRI yang bergerak dalam bidang jasa. Dimana bank BRI memberikan pelayanan dalam berbagai kebutuhan secara finansial untuk nasabah salah satunya menabung. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tentunya bank BRI memberikan pelayanan terbaik untuk kepuasan nasabahnya. Dengan memberikan pelayanan terbaik maka bank BRI dapat mempertahankan pelanggannya. Salah satu konsep untuk menjalin suatu hubungan dengan pelanggan yaitu konsep relationship marketing . Suatu konsep pemasaran yang lebih menekankan hubungan baik dengan pelanggan, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dengan pelanggan. Akan tetapi harus diimbangi dengan pelayanan terbaik dari pihak perusahaan untuk pelanggan, agar dapat menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling artinya memilih sampel dilakukan dengan kriteria tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank BRI unit sumbersewu yang melakukan transaksi menabung dengan jumlah sampel yang ditetapkan 100 responden. Metode analisis menggunakan analisis jalur (PATH). Hasil penelitian menunjukan bahwa relationship marketing relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan bank BRI unit Sumbersewu, relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah bank BRI unit Sumbersewu, kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan bank BRI unit Sumbersewu dan Relationship marketing berpengaruh positif terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah bank BRI unit sumbersewu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66427
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12458]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository