PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH BANK BRI UNIT SUMBERSEWU
Abstract
Bank BRI unit sumbersewu merupakan salah satu unit dari Bank BRI yang
bergerak dalam bidang jasa. Dimana bank BRI memberikan pelayanan dalam
berbagai kebutuhan secara finansial untuk nasabah salah satunya menabung. Sebagai
perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa tentunya bank BRI memberikan
pelayanan terbaik untuk kepuasan nasabahnya. Dengan memberikan pelayanan
terbaik maka bank BRI dapat mempertahankan pelanggannya. Salah satu konsep
untuk menjalin suatu hubungan dengan pelanggan yaitu konsep relationship
marketing . Suatu konsep pemasaran yang lebih menekankan hubungan baik dengan
pelanggan, sehingga tercipta hubungan yang harmonis dengan pelanggan. Akan tetapi
harus diimbangi dengan pelayanan terbaik dari pihak perusahaan untuk pelanggan,
agar dapat menciptakan loyalitas pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah relationship marketing
berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Metode pengambilan sampel
yang digunakan yaitu teknik purposive sampling artinya memilih sampel dilakukan
dengan kriteria tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah bank BRI unit
sumbersewu yang melakukan transaksi menabung dengan jumlah sampel yang
ditetapkan 100 responden. Metode analisis menggunakan analisis jalur (PATH).
Hasil penelitian menunjukan bahwa relationship marketing relationship
marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan bank BRI unit
Sumbersewu, relationship marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas nasabah bank BRI unit Sumbersewu, kepuasan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan bank BRI unit Sumbersewu dan Relationship marketing
berpengaruh positif terhadap loyalitas melalui kepuasan nasabah bank BRI unit
sumbersewu.