ANALISIS PENGARUH VIRAL MARKETING TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Viral Marketing terhadap
Pembentukan Brand Awareness dan Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada
Twitter @Jemberbanget)”. Penelitian ini adalah bertujuan untuk menganalisis
pengaruh viral marketing terhadap pembentukan brand awareness dan keputusan
pembelian pada twitter @Jemberbanget. Populasi dalam penelitian ini adalah
followers twitter @Jemberbanget. Metode sampling yang digunakan adalah
purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 63 orang. Variabel yang
digunakan yaitu sebanyak 3 variabel. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis
Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Viral marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap brand awareness pada akun twitter Jember Banget,
2) Viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian pada akun twitter Jember Banget, dan 3) Brand awareness berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada akun twitter Jember
Banget.